Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 12:03 WIB | Selasa, 29 November 2022

Empat Tips Pilih Gamis Wanita Dijamin Nyaman dan Stylish

zytadelia-official-store

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Salah satu fashion muslim yang cukup banyak digemari para hijabers adalah busana muslim jenis gamis. Pakaian khas Arab ini memiliki model dan warna yang cantik sehingga bisa menjadi alternatif gaya berbusana muslim sesuai syariah.

Khususnya untuk para wanita yang tidak ingin ribet memadupadankan outfit sehari-hari. Dengan aksesoris dan hijab yang tepat, balutan gamis yang elegan bisa membuat para wanita tampil lebih fashionable dan modis.

 Anda bisa menemukan banyak pilihan gamis yang cantik dan fashionable namun tetap syar’i di Zytadelia. Salah satu brand fashion muslim ternama di Indonesia ini mempunyai banyak pilihan amis dan produk busana muslim berkualitas terbaik lainnya dengan harga terjangkau.

Untuk memilih gamis yang tepat dan nyaman dipakai, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Berikut 4 tips memilih gamis agar nyaman dipakai sehari-hari.

1. Perhatikan bahan dan material yang digunakan

Gamis memang selalu update dalam trend fashion muslim dan selalu ada saja model terbaru. Untuk Anda para hijabers, mengenakan gamis tentu tidak akan terlihat membosankan. Apalagi jika Anda pandai memadupadankannya.

Salah satu faktor menentukan sebuah gamis nyaman dipakai atau tidak yaitu jenis kain dan bahan yang digunakan. Kain gamis yang berat, kasar, dan panas saat dipakai tentu saja akan membuat Anda gerah, sehingga aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman.

Beberapa jenis bahan kain yang kerap digunakan untuk pembuatan gamis diantaranya yaitu katun, kain satin, dan juga moscrepe. Gamis yang menggunakan bahan dari kain katun biasanya memiliki karakter yang lebih lembut dan tidak panas saat dipakai.

Sementara, untuk gamis dengan bahan satin umumnya mengkilap elegan saat dipakai dan tidak mudah kusut. Terakhir, untuk gamis berbahan moscrepe biasanya juga ringan dipakai.

2. Pilih gamis yang sesuai dengan jenis kegiatan

Meski gamis cukup praktis dan mudah untuk di mix and match, sesuaikan gamis dengan kegiatan dan aktivitas Anda.Gamis tidak hanya bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari tapi juga untuk beribadah, acara formal dan kegiatan lainnya.

Biasanya warna dan motif yang ada pada gamis bisa menentukan fungsi gamis tersebut. Misalnya jika Anda menggunakan gamis untuk ibadah atau shalat, gamis yang berwarna polos seperti hitam atau putih bisa menjadi pilihan tepat.

 Tapi jika Anda ingin menghadiri acara pesta, kondangan, atau acara -acara formal lainnya sebaiknya Anda memilih gamis dengan warna dan motif yang bagus karena akan menambah kesan modis saat dikenakan.

Jika ingin mendapatkan tampilan yang casual, Anda bisa menggunakan gamis dengan hijab simpel dengan warna yang soft atau senada. Anda juga bisa menggunakan sneakers kesayangan agar penampilan tampak lebih catchy. Tidak lupa, tambahkan sling bag yang warna dan modelnya selaras dengan gamis agar terlihat lebih stylish.

3. Cek ukuran gamis dengan teliti

Gamis memang tak ada matinya karena bisa dipadupadankan fashion item lain dan hijab dengan model apapun. Berikutnya yang tidak kalah penting saat memilih gamis yaitu mengecek ukuran gamis dengan teliti dan sesuaikan dengan ukuran tubuh Anda.

Agar Anda mendapatkan ukuran yang pas dan presisi, Anda bisa mengukur tubuh Anda dengan menggunakan meteran. Setelah Anda mendapat angka yang pas, cocokkan deskripsi ukuran pada produk gamis yang sudah tertera di toko online maupun offline.

Selain itu, perhatikan pula tipe potongan gamis yang akan Anda pilih. Jika Anda yang tidak suka gamis yang ketat, maka pilihlah gamis dengan ukuran yang longgar dan jangan pilih gamis dengan ukuran slim fit. Jangan ragu untuk mencoba gamis sebelum membeli. Jika Anda membeli gamis di toko offline atau membeli secara langsung sebaiknya Anda menjajal terlebih dahulu gamis Anda pilih sebelum membayar.

Hal ini penting untuk memastikan gamis yang Anda pilih pas di tubuh Anda. Tapi jika Anda membeli gamis di toko online, cara yang paling tepat agar tidak salah dalam ukuran yaitu melakukan pengukuran mandiri dan selanjutnya dicocokan dengan ukuran gamis yang dipilih.

4. Cek jahitan pada gamis

Terakhir sebelum melakukan pembayaran, pastikan bahwa gamis yang Anda pilih dalam kondisi yang bagus atau bukan merupakan produk gagal. Bagaimana cara mengetahuinya? salah satu poin penting tapi kerap dilupakan para pembeli adalah melakukan pengecekan jahitan.

Gamis yang kondisi jahitannya kurang baik biasanya sambungan antar kain cukup rapuh, ada benang sisa jahitan yang masih panjang, dan pola jahitan gamis yang tidak rapi. Karena itu, Anda tidak perlu tergesa-gesa saat memilih gamis favorit Anda.

Itulah empat tips memilih gamis yang perlu Anda perhatikan. Meskipun terbilang sepele, dalam memilih gamis perlu adanya informasi yang tepat agar Anda tidak salah beli dan nantinya justru akan berujung menjadi barang yang mubazir.

Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan produk gamis di Blibli, salah satunya brand fashion muslim ternama Zytadelia. Temukan fashion muslim favorit dengan harga terjangkau. Semoga tips diatas bisa membantu Anda yang hendak membeli gamis ya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home