Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 23:27 WIB | Sabtu, 27 Mei 2023

Erdogan Diunggulkan, Isu Ekonomi hingga LGBTQ dalam Pemilihan Presiden Turki

Seorang pendukung Presiden Turki dan calon presiden dari Aliansi Rakyat, Recep Tayyip Erdogan, memberikan selebaran kepada para komuter di Istanbul, Turki, Selasa, 23 Mei 2023. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan diunggulkan untuk memenangkan pemilihan kembali dalam pemilihan presiden Minggu, 28 Mei 2023, meskipun banyak masalah dalam negeri. (Foto: AP/Francisco Seco)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang telah mempertaruhkan keanggotaan NATO negaranya dan lokasi di antara Eropa dan Timur Tengah ke dalam pengaruh internasional, diunggulkan untuk memenangkan pemilihan kembali dalam putaran kedua presiden pada hari Minggu (28/5), meskipun ada sejumlah masalah domestik.

Erdogan, 69 tahun, yang telah mengumpulkan kekuatan yang lebih besar selama 20 tahun masa jabatannya, menyelesaikan pemilihan putaran pertama pada 14 Mei tidak lama setelah meraih kemenangan dan juga mempertahankan mayoritas di parlemen. Itu terjadi meskipun inflasi merajalela dan setelah bencana gempa bumi yang menewaskan lebih dari 50.000 orang di selatan negara itu.

Penantangnya dalam putaran kedua adalah Kemal Kilicdaroglu, pemimpin berusia 74 tahun dari oposisi utama Partai Rakyat Republik Sosial Demokrat dan kandidat gabungan dari aliansi enam partai, yang telah berjanji untuk mencegah kemunduran demokrasi selama bertahun-tahun di bawah Erdogan, untuk memulangkan pengungsi Suriah dan mempromosikan hak-hak perempuan.

Inilah isu-isu domestik utama yang membentuk pemilu, dan posisi Erdogan dan penantangnya:

Ekonomi Erdogan

Bertentangan dengan teori ekonomi arus utama tentang kenaikan suku bunga yang membantu menjaga harga konsumen tetap terkendali, Erdogan menyatakan bahwa suku bunga pinjaman yang tinggi menyebabkan inflasi. Bank Sentral Republik Turki, di bawah tekanan presiden, berulang kali memangkas suku bunga untuk mendorong pertumbuhan dan ekspor.

Sebaliknya, nilai mata uang lira Turki anjlok, dan pemotongan suku bunga memperburuk krisis biaya hidup. Inflasi memuncak pada 85% pada bulan Oktober. Angka resmi pada bulan April adalah 44%, meskipun kelompok independen mengatakan menurut mereka angka sebenarnya jauh lebih tinggi.

Untuk mengimbangi dampak inflasi dan memenangkan kembali suara, Erdogan telah terlibat dalam belanja publik menjelang pemilu, meningkatkan upah minimum dan pembayaran pensiun.

Aliansi oposisi telah berjanji untuk memulihkan kemandirian bank sentral dan kembali ke kebijakan ekonomi ortodoks, jika Kilicdaroglu menjadi presiden.

Erdogan dilaporkan telah meminta Mehmet Simsek, mantan menteri keuangannya yang dihormati secara internasional, untuk kembali ke posisi tersebut, sebuah tanda bahwa pemerintahan baru dapat menganut kebijakan yang lebih ortodoks, jika pemimpin Turki memenangkan masa jabatan presiden ketiga.

Pada hari Kamis (25/5), Erdogan menggambarkan ekonomi, sistem perbankan, dan sistem keuangan Turki sebagai "sehat". Dia juga mengatakan, bagaimanapun, bahwa negara-negara Teluk, yang tidak dia sebutkan namanya, telah "menyimpan uang" di Turki, memberikan "bantuan" sementara.

Pemulihan dari Gempa Bumi

Turki bergulat dengan pemulihan yang sulit dari gempa berkekuatan 7,8 Februari, gempa paling mematikan dalam sejarah modern negara itu. Itu menghancurkan atau merusak lebih dari 300.000 bangunan. Ratusan ribu warga berlindung di tempat penampungan sementara seperti tenda. Sekitar 658.000 orang kehilangan pekerjaan, menurut Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).

Bank Dunia memperkirakan bahwa gempa tersebut menyebabkan “kerusakan langsung” sebesar US$ 34,2 miliar, jumlah yang setara dengan 4% dari produk domestik bruto Turki tahun 2021. Biaya pemulihan dan rekonstruksi bisa bertambah hingga dua kali lipat, kata lembaga keuangan internasional itu.

Pemerintah Erdogan, sementara itu, telah dituduh mengatur panggung kehancuran dengan lemahnya penegakan kode bangunan. Beberapa orang kehilangan tempat tinggal atau berjuang untuk mendapatkan uang juga menemukan respons gempa pemerintah lambat.

Terlepas dari kritik, dalam pemilihan parlemen aliansi Erdogan memenangkan 10 dari 11 provinsi di daerah yang terkena dampak gempa, menandakan bahwa fokus presiden pada pembangunan kembali selama kampanye telah membuahkan hasil.

Erdogan telah berjanji untuk membangun 319.000 rumah dalam setahun dan telah menghadiri sejumlah upacara peletakan batu pertama, mencoba meyakinkan para pemilih bahwa hanya dia yang dapat membangun kembali kehidupan dan bisnis.

Kilicdaroglu mengatakan pemerintahnya akan memberikan rumah kepada korban gempa secara gratis alih-alih rencana pembayaran 20 tahun seperti yang dibayangkan oleh pemerintah Erdogan.

Tidak Lagi Menerima Pengungsi

Pengungsi, terutama mereka yang melarikan diri dari perang saudara di negara tetangga Suriah, pernah disambut dengan tangan terbuka di Turki, tetapi sentimen anti migrasi meningkat di tengah penurunan ekonomi. Kekurangan perumahan dan tempat berlindung di provinsi-provinsi yang dilanda gempa telah meningkatkan permintaan pengungsi Suriah untuk pulang.

Kilicdaroglu yang santun telah berjanji untuk memulangkan warga Suriah dalam waktu dua tahun, mengatakan dia akan mencari dana Uni Eropa untuk membangun rumah, sekolah, rumah sakit dan jalan di Suriah dan mendorong pengusaha Turki untuk membuka pabrik dan bisnis lain di sana.

Dalam upaya untuk merayu pemilih nasionalis menjelang pemilihan putaran kedua, Kilicdaroglu mengeraskan nadanya, mengatakan dia akan melakukannya, mengirim pengungsi berkemas dalam waktu satu tahun setelah terpilih. Dia sejak itu juga mendapat dukungan dari partai anti migran.

Di bawah tekanan publik yang meningkat, pemerintah Erdogan telah mulai membangun ribuan rumah bata di daerah yang dikuasai Turki di Suriah utara untuk mendorong pemulangan sukarela. Pada hari Kamis, Erdogan mengumumkan dalam sebuah wawancara televisi bahwa Qatar mendanai proyek perumahan terpisah yang akan membantu memukimkan kembali hingga satu juta warga Suriah.

Pemerintahnya juga mencari rekonsiliasi dengan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad untuk memastikan mereka kembali dengan selamat. Erdogan mengatakan pada hari Kamis ada sekitar empat juta pengungsi di Turki, termasuk sekitar 3,4 juta warga Suriah, tetapi partai anti migran mengatakan angkanya mendekati 13 juta.

Turki Yang Lebih Demokratis?

Koalisi enam partai telah menyatakan komitmen untuk memulihkan Turki sebagai demokrasi parlementer dan memberikan hak dan kebebasan yang lebih besar kepada warga negara jika aliansi mereka memenangkan pemilihan.

Erdogan berhasil mendapatkan sistem pemerintahan presidensial yang disetujui secara sempit melalui referendum pada tahun 2017 dan diperkenalkan pada tahun 2018. Sistem baru tersebut menghapuskan jabatan perdana menteri dan memusatkan sejumlah besar kekuasaan di tangan presiden.

Aliansi tersebut telah menguraikan rencana untuk pemisahan kekuasaan yang lebih besar, termasuk peningkatan peran parlemen dan peradilan yang independen.

Kilicdaroglu juga berjanji untuk menghapus undang-undang yang menjadikan penghinaan terhadap presiden sebagai tindak pidana yang dapat dihukum penjara. Dia telah berjanji untuk mematuhi keputusan Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa, yang menyerukan pembebasan mantan ketua bersama partai pro Kurdi, Selahattin Demirtas, dan pengusaha dermawan dan aktivis hak asasi manusia, Osman Kavala, dari penjara.

Tetapi karena tidak memiliki mayoritas parlemen, Kilicdaroglu akan menghadapi perjuangan berat dalam menerapkan reformasi demokrasi bahkan jika dia terpilih.

Pemilu dan Hak Perempuan Serta LGBT+

Berusaha untuk memperluas dukungannya dari para pemilih, Erdogan telah memperluas aliansi politiknya sendiri dengan dua partai nasionalis untuk memasukkan sebuah partai kecil Islam dan juga mendapatkan dukungan dari partai radikal Kurdi Islam.

Partai-partai yang baru direkrut ke dalam kubu Erdogan memiliki agenda Islami, yang menimbulkan kekhawatiran tentang masa depan hak-hak perempuan di Turki. Mereka ingin membatalkan undang-undang tentang tunjangan dan perlindungan kekerasan dalam rumah tangga, dengan alasan mereka mendorong perempuan untuk meninggalkan suami mereka dan mengancam nilai-nilai keluarga tradisional.

Erdogan telah menghapus Turki dari konvensi Eropa yang bertujuan untuk mencegah kekerasan dalam rumah tangga, persetujuan kepada kelompok agama yang mengklaim perjanjian itu mendorong perceraian dan hak LGBTQ+. Menjadi kaki tangan para pendukungnya yang saleh dan konservatif, Erdogan dan anggota lain dari partainya yang berkuasa menyebut individu LGBTQ+ sebagai "penyimpangan".

Aliansi yang dipimpin Kilicdaroglu telah berjanji untuk bergabung kembali dengan perjanjian Eropa dan untuk menegakkan hak-hak perempuan dan komunitas minoritas. Kilicdaroglu juga menjangkau perempuan konservatif, meyakinkan mereka bahwa mereka akan dapat terus mengenakan jilbab gaya Islam yang pernah dilarang di sekolah dan kantor pemerintah di bawah undang-undang sekuler Turki.

Masa Depan Politik Luar Negeri

Di bawah Erdogan, Turki terkadang menjadi sekutu NATO yang sulit, seringkali mengejar agendanya sendiri. Itu telah memupuk hubungan dekat dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan memblokir ekspansi aliansi. Namun, itu juga muncul sebagai mediator utama antara Rusia dan Ukraina, membantu menengahi kesepakatan penting yang memungkinkan pengiriman biji-bijian Ukraina dan mengurangi krisis pangan.

Aliansi oposisi telah mengisyaratkan akan mengejar kebijakan luar negeri yang lebih berorientasi Barat dan berusaha untuk membangun kembali hubungan dengan Amerika Serikat, Uni Eropa dan sekutu NATO.

Oposisi yang dipimpin Kilicdaroglu mengatakan itu akan berhasil untuk pemulihan Turki ke program jet tempur F-35 yang dipimpin Amerika Serikat, dari mana negara itu digulingkan setelah pembelian sistem pertahanan udara buatan Rusia oleh pemerintah Erdogan.

Pada saat yang sama, pemerintah yang dipimpin Kilicdaroglu diharapkan mencoba menyeimbangkan hubungan ekonomi Turki dengan Rusia.

Kemenangan oposisi juga dapat mengakibatkan Turki mengakhiri hak vetonya atas permintaan Swedia untuk bergabung dengan NATO. Pemerintah Erdogan telah memblokir aksesi Swedia ke dalam aliansi, menekan negara itu untuk menindak militan Kurdi dan kelompok lain yang dianggap Turki sebagai ancaman teroris. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home