Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:36 WIB | Selasa, 06 Juni 2023

Erdogan Hadapi Kesulitan Penuhi Janji Pulangkan Pengungsi Suriah

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memberikan suara di tempat pemungutan suara selama putaran kedua pemilihan presiden di Istanbul, Turki, hari Minggu, 28 Mei 2023. (Foto: dok.Reuters)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Turki terpilih, Recep Tayyip Erdogan, akan memainkan rencananya untuk memulangkan satu juta pengungsi Suriah saat dia mengendarai gelombang nasionalisme ke dekade ketiganya berkuasa, tetapi dia harus berjuang untuk menepati janjinya karena konflik masih berlanjut di negara tetangga Suriah.

Erdogan, yang telah lama dipandang sebagai sekutu oleh penentang Presiden Suriah, Bashar al-Assad, menekankan repatriasi pengungsi selama kampanye sengit untuk pemilihan presiden hari Minggu (28/5) melawan Kemal Kilicidaroglu, yang mengambil sikap lebih keras terhadap masalah ini.

Fokus pada kepulangan pengungsi menjelang pemilihan menimbulkan kekhawatiran di antara 3,4 juta warga Suriah yang tinggal di Turki, di mana kebencian terhadap mereka sedang tumbuh.

Banyak pengungsi datang dari bagian Suriah yang tetap berada di bawah kendali al-Assad dan mengatakan mereka tidak akan pernah bisa kembali ke kota dan desa mereka selama dia tetap berkuasa.

Di bawah rencana Erdogan, mereka tidak perlu melakukannya. Dengan bantuan Qatar, dia mengatakan Turki telah membangun perumahan baru di Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak, wilayah di mana Ankara memiliki pasukan di lapangan yang kehadirannya telah menghalangi serangan pemerintah Suriah.

Rencana tersebut menyiratkan penggandaan komitmen Turki ke daerah yang dikuasai pemberontak di mana ia telah membangun pengaruh selama bertahun-tahun, bahkan ketika al-Assad menuntut jadwal penarikan pasukan Turki sebagai syarat untuk kemajuan menuju pembangunan kembali hubungan diplomatik.

Dengan pemilih Turki yang semakin membenci para pengungsi, Turki menjadi tuan rumah lebih dari negara lain, rencana Erdogan menempatkan masalah ini di jantung kebijakan Suriahnya, di samping kekhawatiran tentang kelompok Kurdi Suriah yang telah mengukir kantong-kantong di perbatasan dan dianggap sebagai ancaman keamanan nasional dari Turki.

Erdogan mengatakan dia bertujuan untuk memastikan kembalinya satu juta pengungsi dalam setahun ke daerah-daerah yang dikuasai oposisi. Menteri dalam negerinya, Suleyman Soylu, pekan lalu menghadiri peresmian proyek perumahan yang dimaksudkan untuk menampung warga Suriah yang kembali di kota Jarablus, Suriah.

“Adalah tugas kami untuk memenuhi harapan warga kami tentang masalah ini melalui cara yang sesuai dengan negara kami,” kata Erdogan dalam pidato kemenangannya pada hari Minggu, menambahkan bahwa hampir 600.000 warga Suriah telah kembali secara sukarela ke daerah yang aman.

Perhatian pada Masalah Keamanan

Rencana itu, bagi banyak warga Suriah di Turki, prospeknya tidak menarik. "Saya ingin kembali ke Suriah tetapi tidak ke Jarablus ... Saya ingin pulang ke rumah, ke Latakia," kata seorang warga Suriah yang menyebut namanya sebagai Ahmed, seorang mahasiswa berusia 28 tahun di Universitas Ankara, merujuk ke wilayah yang dikuasai pemerintah di Mediterania.

“Saya ingin kembali, tetapi jika al-Assad tetap tinggal, saya tidak bisa karena masalah keamanan.”

Wilayah itu diikendalikan oleh berbagai kelompok bersenjata, sebagian besar barat laut juga menderita pelanggaran hukum.

“Kondisi di Suriah utara tetap sangat buruk dan tidak stabil sehingga pemulangan dalam skala besar akan sulit diatur, terlepas dari semua laporan tentang Turki dan Qatar yang membangun perumahan dan infrastruktur,” kata Aron Lund, pakar Suriah di Century International, sebuah wadah pemikir.

“Seperti setetes air di lautan dan situasi ekonomi secara keseluruhan terus memburuk.”

Didorong sebagian oleh tujuannya untuk mengamankan pengembalian pengungsi, Turki telah mengubah arah diplomatik di Suriah, mengikuti pemerintah regional lainnya dengan membuka kembali saluran komunikasi ke al-Assad, yang pernah disebut Erdogan sebagai “tukang daging.”

Tetapi pemulihan hubungan bergerak lebih lambat daripada pencairan antara al-Assad dan mantan musuhnya, yang mencerminkan peran Turki yang jauh lebih dalam di negara di mana Rusia, Iran, dan Amerika Serikat juga memiliki kekuatan di lapangan.

Analis berpikir Ankara tidak akan menyetujui permintaan al-Assad untuk jadwal penarikan, mencatat bahwa tanda-tanda pasukan pasukan Turki akan mendorong lebih banyak warga Suriah untuk mencoba melarikan diri ke Turki, takut akan kembalinya kekuasaan al-Assad ke barat laut.

“Turki sangat tidak mungkin untuk berkompromi dalam penarikan pasukan, yang kemungkinan besar berarti ratusan ribu pengungsi menuju ke arah mereka jika dan ketika mereka meninggalkan Idlib,” kata Dareen Khalifa dari International Crisis Group, sebuah think-tank.

Kepulangan Secara Sukarela

Banyak warga Suriah di Turki merasa lega atas kekalahan Kilicidaroglu. Selama kampanyenya, dia mengatakan akan membahas rencana pengembalian pengungsi dengan al-Assad setelah memulihkan hubungan, dan pengembalian akan selesai dalam dua tahun tetapi tidak akan dipaksakan.

Dia mempertajam nadanya setelah kalah dari Erdogan di putaran pertama, bersumpah untuk mengirim semua migran kembali ke negara mereka.

Ibrahim Kalin, kepala penasihat kebijakan luar negeri Erdogan, mengatakan pada hari Senin (29/5) bahwa Turki menginginkan pengembalian yang aman, bermartabat dan sukarela.

Hukum pengungsi internasional menetapkan bahwa semua pemulangan harus bersifat sukarela. “Kami membuat rencana untuk mengamankan kembalinya satu atau 1,5 juta warga Suriah,” kata Kalin kepada penyiar lokal.

Samir Alabdullah dari Harmoon Center for Contemporary Studies di Istanbul, sebuah lembaga penelitian nirlaba tution, mengatakan dia tidak berharap banyak untuk mengubah pertarungan pemilu berakhir.

“Rakyat Suriah merasa lega setelah kemenangan Erdogan… Tidak ada yang salah dengan kepulangan sukarela. Kami tidak mengharapkan perubahan kebijakan tentang migrasi,” katanya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home