Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:28 WIB | Selasa, 19 Juli 2022

Eropa Tidak Boleh Lelah Menghadapi Invasi Rusia di Ukraina

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, berbicara kepada pers setelah pertemuan para menteri pertahanan Uni Eropa di gedung Dewan Eropa di Brussels di Brussels, Selasa, 17 Mei 2022. Menteri pertahanan Uni Eropa pada hari Selasa telah membahas urusan saat ini dan memiliki pertukaran pandangan pada agresi Rusia terhadap Ukraina dan Gerbang Global. (Foto: AP)

BRUSSELS, SATUHARAPAN.COM-Eropa tidak boleh lelah dalam upaya mereka untuk mengalahkan invasi Rusia ke Ukraina, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan hari Senin (18/7), memperingatkan Vladimir Putin akan berusaha untuk mengeksploitasi "kelelahan demokrasi".

Berbicara setelah pembicaraan dengan para menteri luar negeri Uni Eropa, Borrell mengatakan pemimpin Rusia "percaya demokrasi lemah" dan mendesak Eropa untuk mendukung keputusannya untuk mempersenjatai Ukraina dan menjatuhkan sanksi pada Moskow.

“Saya yakin Putin mengandalkan kelelahan demokrasi,” katanya, menanggapi pertanyaan tentang kekhawatiran bahwa para pemimpin Uni Eropa membenci biaya ekonomi domestik dari sanksi dan gangguan Rusia terhadap pasokan energi.

“Pemerintah negara-negara anggota UE harus terus mendukung keputusan yang telah mereka ambil. Mereka mengambil keputusan tentang tindakan pembatasan pada ekonomi Rusia dan mereka harus menaatinya.

“Bagi kami ini adalah ujian ketahanan kami di tingkat masyarakat kami. Kita harus cukup kuat untuk bertahan. Kami tidak punya pilihan, begitu juga dengan Ukraina.”

Sejak Februari, ketika Rusia menginvasi tetangganya yang sudah sebagian diduduki di Ukraina, UE telah mengerahkan serangkaian paket sanksi yang meningkat terhadap Moskow.

Larangan impor minyak diputuskan pada bulan Juni dan para diplomat sekarang membahas embargo emas, tetapi banyak negara Eropa tetap bergantung pada gas Rusia untuk pasokan energi mereka.

Moskow, sementara itu, telah mengeksploitasi ketergantungan beberapa anggota UE pada pasokan Rusia dengan menunda dan mengganggu pengiriman gas, berkontribusi pada biaya energi yang sangat tinggi di blok tersebut.

Borrell dan sebagian besar pemimpin Barat bersikeras bahwa sanksi telah merusak ekonomi Rusia dan hanya akan semakin ketat jika Putin gagal menarik pasukannya dari Ukraina.

Namun pekan lalu, Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban, pemimpin Uni Eropa terdekat dengan Kremlin, mengecam tindakan tersebut, dengan alasan bahwa Eropa telah "menembak dirinya sendiri di paru-paru" dengan merusak pasokan energi. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home