Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 13:47 WIB | Senin, 07 Maret 2022

Evakuasi Warga Sipil Ukraina Terhenti Karena Tembakan Pasukan Rusia

Evakuasi Warga Sipil Ukraina Terhenti Karena Tembakan Pasukan Rusia
Seorang pria menggendong seorang perempuan saat mereka melintasi jalan improvisasi saat melarikan diri dari kota Irpin, Ukraina, hari Minggu, 6 Maret 2022. Di Irpin, dekat Kiev, lautan orang berjalan kaki dan bahkan di gerobak dorong berjalan dengan susah payah di atas sisa-sisa reruntuhan bangunan. jembatan untuk menyeberangi sungai dan meninggalkan kota. (Foto-foto: AP/Oleksandr Ratushniak)
Evakuasi Warga Sipil Ukraina Terhenti Karena Tembakan Pasukan Rusia
Orang-orang melintasi jalan setapak di bawah jembatan yang hancur saat melarikan diri dari kota Irpin, Ukraina, Minggu, 6 Maret 2022.

LVIV, SATUHARAPAN.COM-Ratusan ribu warga sipil Ukraina yang berusaha melarikan diri ke tempat yang aman, terpaksa berlindung dari serangan Rusia yang menghantam kota-kota di Ukraina pusat, utara dan selatan, dan meninggalkan mayat di jalanan.

Para pejabat Ukraina menggambarkan situasi "bencana" selama upaya evakuasi yang gagal di pinggiran kota Kiev, sementara para pejabat dari kedua belah pihak merencanakan pembicaraan putaran ketiga Senin (7/3).

Di pinggiran ibu kota Kiev, sebuah koper tergeletak di samping mayat. Serangan roket Rusia di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, menyebabkan sebuah mobil hancur, tumpukan puing dan seorang pria lainnya tewas. Pejabat Ukraina mengatakan penembakan itu memperburuk saat kegelapan turun pada hari Minggu (6/3).

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, bersumpah untuk terus berjuang, mendesak rakyatnya dalam pidato televisi akhir pekan untuk turun ke jalan untuk “mengusir kejahatan ini keluar dari kota-kota kita, dari tanah kita.”

“Alih-alih koridor kemanusiaan, mereka hanya bisa membuat koridor berdarah,” kata Zelenskyy kemudian mengatakan pada hari Minggu, merujuk pada upaya untuk mengevakuasi warga sipil yang berantakan karena pemboman Rusia. “Hari ini satu keluarga terbunuh di Irpin. Pria, wanita dan dua anak. Tepat di jalan. Seperti di galeri menembak.”

Putin Tidak Akan Hentikan Serangan, Kecuali Kiev Menyerah

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan serangan Moskow dapat dihentikan "hanya jika Kiev menghentikan permusuhan." Seperti yang sering dia lakukan, Putin menyalahkan Ukraina atas perang tersebut, mengatakan kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada hari Minggu bahwa Kiev perlu menghentikan semua permusuhan dan memenuhi “tuntutan Rusia.”

Putin melancarkan invasinya dengan serangkaian tuduhan palsu terhadap Kiev, termasuk yang dipimpin oleh neo-Nazi yang bermaksud merusak Rusia dengan pengembangan senjata nuklir.

Ketika serangan Rusia meningkat, penangguhan tembakan singkat dari pertempuran di kota pelabuhan  Mariupol runtuh. Artileri berat menghantam daerah pemukiman di kota-kota besar lainnya, pejabat setempat melaporkan.

"Tidak boleh ada 'koridor hijau' karena hanya otak Rusia yang sakit yang memutuskan kapan harus mulai menembak dan kepada siapa," kata penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, Anton Gerashchenko di Telegram.

Hari Minggu itu adalah “Minggu Pengampunan” dalam iman Kekristenan Ortodoks, Zelenskyy mengatakan Ukraina tidak akan pernah memaafkan penembakan terhadap rumahnya, pembunuhan orang-orang tak bersenjata dan penghancuran infrastrukturnya.

“Dan Tuhan tidak akan mengampuni, baik hari ini atau besok, tidak akan pernah. Dan bukannya hari pengampunan, yang akan ada adalah hari penghakiman. Tentang ini saya yakin,” katanya dalam rekaman video.

Jumlah korban tewas masih belum jelas. PBB mengatakan telah mengkonfirmasi hanya beberapa ratus kematian warga sipil tetapi juga memperingatkan bahwa jumlahnya sangat kecil.

Penasihat presiden Oleksiy Arestovich menggambarkan situasi "bencana" di pinggiran kota Kiev di Bucha, Hostomel dan Irpin, di mana upaya untuk mengevakuasi penduduk pada hari Minggu gagal. Sekitar delapan warga sipil, termasuk satu keluarga, tewas oleh serangan Rusia di Irpin, menurut Walikota Oleksander Markyshin.

Rekaman video menunjukkan sebuah peluru menghantam jalan kota, tidak jauh dari jembatan yang digunakan oleh orang-orang yang melarikan diri dari pertempuran. Sekelompok pejuang terlihat berusaha membantu keluarga tersebut. Arestovich mengatakan pemerintah melakukan semua yang bisa dilakukan untuk melanjutkan evakuasi.

Taktik Perang Pasukan Rusia

“Ini kemungkinan merupakan upaya untuk mematahkan moral Ukraina,” kata Kementerian Pertahanan Inggris tentang taktik Rusia saat perang memasuki hari ke-12 pada hari Senin (7/3). Pertempuran telah menyebabkan 1,5 juta orang meninggalkan negara itu, yang oleh kepala badan pengungsi PBB disebut sebagai “krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia II.”

Pejabat militer Inggris membandingkan taktik Rusia dengan yang digunakan Moskow di Chechnya dan Suriah, di mana kota-kota yang dikelilingi dihancurkan oleh serangan udara dan artileri.

Makanan, air, obat-obatan dan hampir semua persediaan lainnya sangat terbatas di Mariupol, di mana pasukan Rusia dan Ukraina telah menyetujui gencatan senjata 11 jam yang akan memungkinkan warga sipil dan yang terluka dievakuasi. Namun serangan Rusia dengan cepat menutup koridor kemanusiaan, kata pejabat Ukraina.

Komite Palang Merah Internasional memperkirakan bahwa 200.000 orang berusaha melarikan diri dari Mariupol. Sebagian kecil penduduk yang berhasil melarikan diri dari kota sebelum koridor kemanusiaan ditutup mengatakan kota berpenduduk 430.000 jiwa itu telah hancur.

“Kami melihat semuanya: rumah-rumah terbakar, semua orang duduk di ruang bawah tanah,” kata Yelena Zamay, yang melarikan diri ke salah satu republik yang memproklamirkan diri di Ukraina timur yang dikuasai oleh separatis pro Rusia. “Tidak ada komunikasi, tidak ada air, tidak ada gas, tidak ada lampu, tidak ada air. Tidak ada apa-apa.”

Seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan hari Minggu bahwa AS menilai bahwa sekitar 95% dari pasukan Rusia yang telah ditempatkan di sekitar Ukraina sekarang berada di dalam negeri. Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas penilaian militer, mengatakan pasukan Rusia terus maju dalam upaya untuk mengisolasi Kiev, Kharkhiv dan Chernihiv, tetapi mendapat perlawanan kuat dari Ukraina.

Para pejuang profesional dan sukarelawan Ukraina telah berjuang dengan kegigihan yang besar, meskipun mereka sangat kalah bersaing dengan tentara Rusia. Relawan berbaris pada hari Sabtu di Kiev untuk bergabung dengan militer. Ukraina juga berencana untuk mengisi legiun internasional dengan 20.000 sukarelawan dari puluhan negara, meskipun tidak jelas berapa banyak yang berada di Ukraina.

“Seluruh dunia saat ini berada di pihak Ukraina, tidak hanya dalam kata-kata tetapi juga dalam perbuatan,” kata Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, di televisi Ukraina, hari Minggu (6/3) malam.

Rusia Makin Terisolasi

Rusia menjadi semakin terisolasi pada hari-hari sejak invasi dimulai, menutup diri dari sumber informasi luar karena sanksi sangat menggigit ekonominya. Rubel telah jatuh nilainya, dan lusinan perusahaan multinasional mengakhiri atau secara dramatis mengurangi pekerjaan mereka di negara itu.

Pada hari Minggu, American Express mengumumkan akan menangguhkan operasi di Rusia, serta di Belarusia yang bersekutu dengan Rusia. Juga, dua firma akuntansi Big Four, KPMG dan PricewaterhouseCoopers, mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka akan mengakhiri hubungan mereka dengan firma anggota mereka yang berbasis di Rusia.

TikTok hari Minggu mengumumkan bahwa pengguna Rusia tidak akan dapat memposting video baru atau melihat video yang dibagikan dari tempat lain di dunia. Perusahaan itu menyalahkan undang-undang "berita palsu" baru Moskow, yang membuatnya ilegal, antara lain, untuk menggambarkan pertempuran itu sebagai invasi. Netflix juga memotong layanannya ke Rusia tetapi tidak memberikan rincian.

Facebook dan Twitter telah diblokir di Rusia, bersama dengan akses ke situs web sejumlah media internasional utama. TikTok adalah bagian dari perusahaan teknologi China ByteDance.

Ketua Kongrees Amer4ika Serikat, Nancy Pelosi, mengatakan Kongres sedang menjajaki lebih jauh mengisolasi Rusia dari ekonomi global, termasuk melarang impor produk minyak dan energinya ke Amerika Serikat.

Pelosi mengatakan dalam sebuah surat kepada Demokrat yang dirilis Minggu malam bahwa undang-undang yang sedang dipertimbangkan juga akan mencabut hubungan perdagangan normal dengan Rusia dan Belarusia dan memulai proses penolakan akses Rusia ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home