Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 16:53 WIB | Rabu, 06 Oktober 2021

Facebook Alami Pemadaman Global Besar-besaran

Logo Facebook. (Foto dok. AP)

SATUHARAPAN.COM-Facebook dan platform Instagram dan WhatsApp kembali online setelah pemadaman global besar-besaran menjerumuskan layanan dan bisnis serta orang-orang yang mengandalkannya ke dalam kekacauan selama berjam-jam.

Facebook mengatakan pada Senin (4/10) malam bahwa "akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah" dan bahwa "tidak ada bukti bahwa data pengguna dikompromikan sebagai akibat" dari pemadaman tersebut.

Perusahaan meminta maaf dan mengatakan sedang bekerja untuk memahami lebih lanjut tentang penyebabnya, yang dimulai sekitar pukul 11:40 hari Senin waktu Amerika Serikat.

Dalam Krisis Besar

Facebook sudah dalam pergolakan krisis besar yang terpisah setelah whistleblower Frances Haugen, mantan manajer produk Facebook, memberi The Wall Street Journal dokumen internal yang mengungkap kesadaran perusahaan akan bahaya yang disebabkan oleh produk dan keputusannya. Haugen mengumumkan program "60 Menit" CBS pada hari Minggu dan dijadwalkan untuk bersaksi di depan subkomite Senat pada hari Selasa.

Haugen juga secara anonim mengajukan keluhan kepada penegak hukum federal yang menuduh penelitian Facebook sendiri menunjukkan bagaimana hal itu memperbesar kebencian dan informasi yang salah dan mengarah pada peningkatan polarisasi. Itu juga menunjukkan bahwa perusahaan sadar bahwa Instagram dapat membahayakan kesehatan mental gadis remaja.

Kisah-kisah Journal, yang disebut "The Facebook Files," melukiskan gambaran tentang sebuah perusahaan yang berfokus pada pertumbuhan dan kepentingannya sendiri atas kepentingan publik. Facebook telah mencoba untuk mengecilkan dampaknya.

Nick Clegg, wakil presiden kebijakan dan urusan publik perusahaan, menulis kepada karyawan Facebook dalam sebuah memo hari Jumat bahwa “media sosial memiliki dampak besar pada masyarakat dalam beberapa tahun terakhir, dan Facebook sering menjadi tempat di mana banyak perdebatan ini dimainkan.”

Pemadaman itu tidak benar-benar mendukung argumen Facebook bahwa ukuran dan pengaruhnya memberikan manfaat penting bagi dunia. Perusahaan pemantau internet yang berbasis di London, Netblocks, mencatat bahwa rencana perusahaan untuk mengintegrasikan teknologi di balik platformnya — diumumkan pada 2019 — telah menimbulkan kekhawatiran tentang risiko langkah semacam itu. Sementara sentralisasi semacam itu “memberi perusahaan pandangan terpadu tentang kebiasaan penggunaan internet pengguna,” kata Netblocks, itu juga membuat layanan rentan terhadap satu titik kegagalan.

“Ini luar biasa,” kata Doug Madory, direktur analisis internet untuk Kentik Inc, sebuah perusahaan pemantauan jaringan dan intelijen. Pemadaman internet besar terakhir, yang membuat banyak situs web top dunia offline pada bulan Juni, berlangsung kurang dari satu jam. Perusahaan pengiriman konten yang terkena dampak dalam kasus itu, Fastly, menyalahkan bug perangkat lunak yang dipicu oleh pelanggan yang mengubah pengaturan.

Selama berjam-jam, satu-satunya komentar publik Facebook adalah tweet yang mengakui bahwa "beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi Facebook" dan mengatakan sedang berupaya memulihkan akses. Mengenai kegagalan internal, kepala Instagram, Adam Mosseri, tweeted bahwa rasanya seperti "hari salju."

Mike Schroepfer, chief technology officer Facebook, kemudian men-tweet "permintaan maaf yang tulus."

Salahkan Perubahan pada Router

Dalam pernyataan Senin malam, Facebook menyalahkan perubahan pada router yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antar pusat data. Perusahaan mengatakan perubahan itu mengganggu komunikasi, yang memiliki "efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, membuat layanan kami terhenti."

Tidak ada bukti bahwa aktivitas jahat terlibat. Matthew Prince, CEO penyedia infrastruktur internet Cloudflare, mentweet bahwa "tidak ada yang kami lihat terkait dengan penghentian layanan Facebook yang menunjukkan bahwa itu adalah serangan."

Facebook tidak menanggapi pesan untuk komentar tentang serangan atau kemungkinan aktivitas jahat.

Sementara sebagian besar tenaga kerja Facebook masih bekerja dari jarak jauh, ada laporan bahwa karyawan yang bekerja di kampus Menlo Park, California, mengalami kesulitan memasuki gedung karena pemadaman telah membuat lencana keamanan mereka tidak berguna.

Tetapi dampaknya jauh lebih buruk bagi banyak dari hampir tiga miliar pengguna Facebook, menunjukkan betapa dunia telah mengandalkannya dan propertinya, untuk menjalankan bisnis, terhubung dengan komunitas online, masuk ke beberapa situs web lain, dan bahkan memesan makanan.

Ini juga menunjukkan bahwa terlepas dari kehadiran Twitter, Telegram, Signal, TikTok, Snapchat, dan sejumlah platform lain, tidak ada yang dapat dengan mudah menggantikan jejaring sosial yang selama 17 tahun terakhir telah secara efektif berkembang menjadi infrastruktur penting.

Pemadaman itu terjadi pada hari yang sama Facebook meminta hakim federal agar revisi pengaduan antimonopoli terhadapnya oleh Komisi Perdagangan Federal diberhentikan karena menghadapi persaingan yang kuat dari layanan lain.

Tentu saja ada layanan online lain untuk memposting selfie, terhubung dengan penggemar atau menjangkau pejabat terpilih, Tetapi mereka yang mengandalkan Facebook untuk menjalankan bisnis mereka atau berkomunikasi dengan teman dan keluarga di tempat yang jauh melihat ini sebagai sedikit hiburan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home