Loading...
MEDIA
Penulis: Dedy Istanto 19:06 WIB | Jumat, 22 Juli 2016

Facebook Sukses Uji Coba Drone

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg saat berkunjung ke Indonesia untuk bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang pada masa itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada (14/7/2014). (Foto: Dedy Istanto)

SAN FRANCISCO, SATUHARAPAN.COM - Facebook mengumumkan mereka telah merampungkan uji coba drone bertenaga surya Aquila, yang dibuat untuk memberikan layanan internet ke wilayah-wilayah terpencil di dunia pada hari Kamis (21/07).

Uji coba penerbangan itu mencerminkan “tonggak sejarah besar” bagi upaya Facebook untuk membawa internet ke daerah tertinggal di bumi. Facebook, sebelumnya selama beberapa bulan melakukan uji coba dengan menggunakan drone yang berukuran seperlima lebih kecil dari Aquila, namun penerbangan kemarin menjadi pertama yang menggunakan pesawat berskala penuh, yang lebar sayapnya lebih besar dari pesawat penumpang 737.

“Percobaannya sangat sukses hingga kami bisa menerbangkan Aquila sampai lebih dari 90 menit – tiga kali lebih lama dari rencana awal,” kata Jay Parikh, kepala rekayasa dan infrastruktur global Facebook, dalam pernyataannya.

“Kami terdorong oleh penerbangan sukses ini, tapi kami masih punya banyak tugas ke depannya,” ujar Pariks.

“Faktanya, untuk mencapai tujuan agar bisa terbang di atas wilayah terpencil dan memberikan konektivitas sampai tiga bulan, kita perlu memecahkan rekor dunia untuk penerbangan tanpa awak bertenaga surya, yang saat ini bertahan di dua pekan. Ini membutuhkan kemajuan signifikan dalam ilmu pengetahuan dan teknik untuk bisa mencapainya.”

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengunggah sebuah video tentang penerbangan tersebut di laman Facebook miliknya, mengatakan itu adalah hasil dari  rekayasa teknologi selama dua tahun. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home