Loading...
EKONOMI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 12:14 WIB | Minggu, 07 Juni 2015

Fadli Zon: Kondisi Ekonomi Era Jokowi Memprihatinkan

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Foto: Dok. satuharapan.com)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan kondisi perekonomian nasional di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo memprihatinkan. Menurut dia, hal itu terbukti dengan terus melemhanya nilai tukar rupiah, hingga kini menyentuh angka Rp 13.000 per dollar Amerika Serikat.

Politisi Partai Gerindra itu juga menyebutkan, hal ini merupakan keluhan rakyat di daerah, di mana masyarakat merasakan kondisi perekonomian semakin sulit.

"Saya kira banyak keluhan, dari semua sektor ekonomi terjadi penurunan produksi di bidang apa saja. Kondisi memprihatinkan apalagi pada kondisi pelemahan rupiah," kata Fadli di Melia Hotel and Ressort, Yogyakarta, Sabtu (6/6).

Dia menyebutkan, seharusnya saat ini pelaku industri bisa meraih keuntungan dengan meningkatkan jumlah ekspor. Namun kenyataan, sebagian besar produk Indonesia, masih membutuhkan komponen impor. "Pelemahan rupiah ini harusnya bisa ekspor, tapi apa yang mau diekspor karena komponen ekspor kita lebih banyak juga komponen impornya. Jadi harus impor dulu baru ekspor. Yang ada akan terjadi kebangkrutan di banyak pabrik-pabrik kalau tidak ada terobosan pemerintah di bidang ekonomi," kata Fadli.

Kondisi ini, menurut dia, sebuah keadaan yang serius menjelang bulan puasa dan lebaran Idul Fitri. Bahkan, efeknya bisa lebih diperparah dengan terjadinya faktor eksternal dan kenaikan suku bunga.

"Kalau ini terjadi bisa efek penularannya cepat sekali. Jadi harusnya pemerintah sekarang ini mempunyai sense kedaruratan. Kalau tidak ada rasa kedaruratan akan bisa dikagetkan dengan situasi dadakan (krisis)," tutur Wakil Ketua DPR RI itu.

Editor : Bayu Probo

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home