Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:00 WIB | Jumat, 02 September 2022

FAO: Indeks Harga Pangan Turun, Setelah Dimulai Ekspor Biji-bijian dari Ukraina

Kapal kargo berbendera Turki, Polarnet, meninggalkan pelabuhan laut di Chornomorsk setelah memulai kembali ekspor biji-bijian, di tengah serangan Rusia di Ukraina, pada hari Jumat, 5 Agustus 2022. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Indeks harga pangan dunia, menurut badan pangan PBB, turun untuk bulan kelima berturut-turut pada bulan Agustus. Ini lebih jauh dari yang tertinggi sepanjang masa yang dicapai awal tahun ini, karena dimulainya kembali ekspor biji-bijian dari pelabuhan Ukraina yang berkontribusi pada peningkatan prospek pasokan.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) mengatakan pada hari Jumat (2/8) bahwa indeks harganya, yang melacak komoditas pangan yang paling banyak diperdagangkan secara global, rata-rata 138,0 poin bulan lalu versus revisi 140,7 untuk Juli.

Angka Juli sebelumnya ditempatkan di 140,9. Indeks telah jatuh dari rekor 159,7 pada bulan Maret, terpukul setelah invasi Rusia ke Ukraina. Angka bulan Agustus,  7,9 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Indeks harga sereal FAO turun 1,4 persen bulan ke bulan pada Agustus, dengan pembukaan kembali pelabuhan Laut Hitam Ukraina di bawah kesepakatan diplomatik serta prospek panen gandum yang menguntungkan di Amerika Utara, dan Rusia, kata badan tersebut.

Namun indeks harga jagung naik 1,5 persen bulan lalu karena cuaca panas dan kering mengurangi prospek produksi di Eropa dan Amerika Serikat, katanya.

Indeks harga minyak sayur, gula, susu dan daging semuanya turun, sebagian mencerminkan peningkatan pasokan.

Dalam perkiraan pasokan dan permintaan sereal terpisah, FAO menurunkan perkiraannya untuk produksi sereal global pada 2022 menjadi 2,774 miliar ton dari proyeksi sebelumnya 2,792 miliar pada awal Juli. Itu 1,4 persen di bawah perkiraan output untuk tahun 2021.

Pemotongan prediksi untuk produksi sereal tahun 2022 disebabkan oleh berkurangnya prospek jagung di belahan bumi utara, dengan hasil panen Uni Eropa terlihat turun 16 persen di bawah rata-rata lima tahun mereka, kata FAO.

Penggunaan sereal dunia pada 2022/23 diperkirakan akan melampaui produksi sebesar 2,792 juta ton, yang mengarah pada proyeksi penurunan 2,1 persen dalam stok global dibandingkan dengan 2021/22 menjadi 845 juta ton.

Itu akan mewakili rasio stok-penggunaan 29,5 persen, turun dari 30,9 persen pada 2021/22 tetapi masih relatif tinggi secara historis, kata FAO. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home