Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 08:25 WIB | Kamis, 05 Januari 2017

Faraday Future Luncurkan Kendaraan ‘Spesies Baru’

Faraday Future model FF91. (Foto: http: jalopnik.com)

LAS VEGAS, SATUHARAPAN.COM - Faraday Future, startup mobil listrik misterius yang berambisi mengalahkan Tesla, mengungkap produksi kendaraan pertamanya pada Selasa (3/1), menyebutnya sebagai “spesies baru” untuk transportasi pribadi.

Perusahaan itu, didukung miliarder Tiongkok Jia Yueting (YT Jia), mengumumkan di Consumer Electronics Show bahwa mereka akan mulai menerima pemesanan untuk pengiriman pada 2018 dengan uang muka 5.000 dolar AS (sekitar Rp 67,2 juta) untuk model FF91.

Faraday, yang tahun lalu meluncurkan prototipenya dan membangun sebuah pabrik di luar Las Vegas, tidak memberikan detail harga kendaraan baru tersebut.

Namun mereka memuji spesifikasi jangkauan baterai, daya dan akselerasi yang merujuk pada kendaraan mewah, mengalahkan Tesla dalam patokan utama.

Dalam salah satu patokan utama, Faraday menawarkan jangkauan 604 kilometer sebelum harus isi ulang daya, berdasarkan standar tes Amerika Serikat (AS), lebih baik dari Tesla yang hanya sekitar 507 kilometer. Berdasarkan standar tes Eropa, jangkauannya mencapai 700 kilometer.

“Suatu hari nanti ini menjadi era baru mobilitas,” kata wakil presiden teknik Nick Sampson.

“Ini yang pertama dari spesies baru.”

FF91 mampu melihat dan membaca jalanan dan siap menjadi mobil otonom. Kendaraan ini dilengkapi dengan 10 kamera luar, 13 radar, dan 12 sensor ultrasonik, serta 360 derajat sensor 3D. Untuk masalah parkir, FF91 dirancang dapat mencari tempat parkir sendiri tanpa sopir. Setelah diparkir, mobil akan mengirimkan pesan. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home