Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:16 WIB | Kamis, 30 April 2020

Fauci: Penelitian Tunjukkan Remdesivir Bisa Cegah Virus

Seorang karyawan Gilead Sciences menunjukkan sampel obat remdesivir di kantor Gilead di California, AS. (Foto: voaindonesia.com)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Direktur Institut Nasional untuk Alergi dan Penyakit Menular AS (NIAID) Dr Anthony Fauci mengatakan, penelitian terhadap obat remdesivir menunjukkan obat itu "bisa mencegah" virus corona.

Pernyataan Fauci disampaikan hari Rabu (29/4) selama pertemuan di Oval Office dengan Presiden Donald Trump, Gugus Tugas Virus Corona dan Gubernur Louisiana Bel Edwards.

Fauci mengatakan, hasil penelitian tidak sepenuhnya membunuh virus itu, namun menunjukkan bukti obat itu memiliki potensi atau kekuatan.

Fauci menambahkan remdesivir telah menyebabkan perbaikan kecil pada angka kematian – 11 persen untuk kelompok plasebo penelitian dan 8 persen untuk mereka yang diobati dengan remdesivir.

Ia menyebut "perbaikan 31 persen" dengan menggunakan obat itu, tanpa memberikan perincian lebih jauh. Trump menyebutnya "peristiwa yang sangat positif."

Remdesivir, diciptakan oleh perusahaan farmasi Gilead satu dekade lalu dan dalam percobaan di laboratorium dan hewan sudah tampak menjanjikan melawan berbagai virus. Jika obat ini ternyata mampu mencegah orang meninggal atau tanpa harus menggunakan ventilator, obat itu bisa meyakinkan para pejabat kesehatan dan pemimpin politik, ketika mereka berusaha membuka kembali perekonomian.

Studi NIAID ini, sampai saat ini merupakan pengujian yang paling ketat untuk potensi pengobatan karena menggunakan pengujian kelas wahid dan uji plasebo yang terkontrol untuk melihat apakah sebuah obat aman dan efektif. (voaindonesia.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home