Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:28 WIB | Rabu, 25 Mei 2022

Ferdinand Marcos Diproklamasikan sebagai Presiden Filipina Berikutnya

Ferdinand Marcos Diproklamasikan sebagai Presiden Filipina Berikutnya
Aktivis memprotes calon presiden Ferdinand "Bongbong" Marcos dan pasangannya Sara Duterte, putri presiden saat ini, selama rapat umum di Komisi Hak Asasi Manusia di Kota Quezon, Metro Manila, Filipina pada hari Rabu, 25 Mei 2022. Marcos Jr. memimpin dalam pemungutan suara resmi. (Foto-foto: AP/Basilio Sepe)
Ferdinand Marcos Diproklamasikan sebagai Presiden Filipina Berikutnya
Aktivis membakar topeng Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr. dan pasangannya Sara Duterte, putri presiden saat ini, selama rapat umum di Komisi Hak Asasi Manusia di Kota Quezon, metro Manila, Filipina pada hari Rabu. 25 Mei 2022.

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Ferdinand Marcos Jr. diproklamasikan sebagai presiden Filipina berikutnya oleh sesi gabungan Kongres pada hari Rabu (25/5) menyusul kemenangan telak dalam pemilihan umum 36 tahun setelah ayahnya yang diktator digulingkan dalam pemberontakan pro demokrasi.

Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat juga menyatakan bahwa pasangan wakil presiden yang dipilih secara terpisah, Sara Duterte, menang dengan selisih yang lebar. Dia adalah putri dari Presiden Rodrigo Duterte yang akan berkahir jabatannya, yang masa jabatan enam tahun yang penuh gejolak berakhir pada 30 Juni.

Mereka akan memimpin sebuah negara yang dilanda penguncian akibat COVID-19, menghancurkan ekonomi, masalah kemiskinan, kesenjangan yang menganga, pemberontakan Muslim dan komunis, kejahatan dan perpecahan politik yang semakin meradang oleh pemilihan pada 9 Mei.

Marcos Jr., mantan gubernur, anggota kongres dan senator berusia 64 tahun, telah menolak untuk mengakui atau meminta maaf atas pelanggaran hak asasi manusia besar-besaran dan penjarahan di bawah kekuasaan ayahnya yang kuat dan telah membela warisannya.

Ketika mereka menjabat, Marcos Jr. dan Sara Duterte kemungkinan akan menghadapi tuntutan ayahnya atas ribuan pembunuhan terhadap sebagian besar tersangka miskin di bawah tindakan kerasnya selama bertahun-tahun terhadap obat-obatan terlarang. Kematian saat ini sedang diselidiki oleh Pengadilan Kriminal Internasional.

Marcos Jr. menerima lebih dari 31 juta suara dan Sara Duterte lebih dari 32 juta dari lebih dari 55 juta suara yang diberikan dalam pemilihan. Itu adalah kemenangan presiden mayoritas pertama dalam demokrasi  di Filipina dalam beberapa dekade.

Selama kampanye, mereka menghindari isu-isu kontroversial dan fokus pada seruan untuk persatuan nasional, meskipun kepresidenan ayah mereka membuka beberapa isu paling bergejolak dalam sejarah negara itu. Marcos Jr. mengimbau untuk diadili “bukan oleh nenek moyang saya, tetapi oleh tindakan saya.”

Senator Imee Marcos, saudara perempuan presiden terpilih, berterima kasih kepada mereka yang memilih saudara laki-lakinya setelah apa yang dia gambarkan sebagai penghinaan selama bertahun-tahun.

“Kami sangat berterima kasih atas kesempatan kedua,” katanya kepada wartawan sebelum proklamasi. “Keluarga kami telah melalui banyak hal,” katanya, mengutip “segala macam kasus dan ejekan” terhadap mereka.

Di markas kampanye Marcos Jr., para pendukung mengibarkan bendera Filipina, mengibarkan tanda kemenangan dan memegang pita ucapan selamat untuk dia dan Sara Duterte.

Namun, keduanya kemudian diburu oleh reputasi ayah mereka. Polisi anti huru hara menggunakan meriam air dan perisai untuk mencegah beberapa ratus aktivis berbaris ke Kongres untuk menentang proklamasi hari Rabu, melukai sedikitnya 14 pengunjuk rasa, kata kelompok sayap kiri Bayan. Dikatakan penyebaran yang kuat "bisa menjadi pertanda hal-hal yang akan datang."

Pekan lalu, aktivis hak asasi manusia mengajukan petisi ke Mahkamah Agung untuk menentang kelayakan Marcos Jr., mengutip masalah pajaknya di masa lalu. Mereka meminta pengadilan untuk memblokir proklamasinya, tetapi tidak ada perintah seperti itu yang dikeluarkan. Gugatan itu sebelumnya ditolak oleh Komisi Pemilihan Umum.

Ferdinand Marcos dipaksa turun dari kekuasaan oleh pemberontakan “Kekuatan Rakyat” yang sebagian besar damai pada tahun 1986 dan meninggal pada tahun 1989 saat berada di pengasingan di Hawaii tanpa mengakui kesalahan apa pun, termasuk tuduhan bahwa dia, keluarga dan kroninya mengumpulkan sekitar US$5 miliar hingga US$10 miliar saat dia sedang berkuasa.

Pengadilan Hawaii kemudian menemukan dia bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi manusia dan diberikan US$2 miliar dari tanah miliknya untuk mengkompensasi bagi lebih dari 9.000 orang Filipina yang mengajukan gugatan terhadap dia untuk penyiksaan, penahanan, pembunuhan di luar hukum dan penghilangan.

Jandanya, Imelda Marcos, dan anak-anak mereka diizinkan untuk kembali ke Filipina pada tahun 1991 dan melakukan kebangkitan politik yang menakjubkan, dibantu oleh kampanye media sosial yang didanai dengan baik untuk memperbarui nama keluarga.

Marcos Jr. akan mengambil alih negara yang sangat terpecah dengan banyak pengingat akan perlawanan terhadap ayahnya yang kuat.

Di sepanjang jalan utama metropolitan Manila, kuil demokrasi dan monumen yang didirikan setelah kejatuhan Marcos berdiri dengan jelas. Peringatan penggulingannya dirayakan setiap tahun sebagai hari libur nasional khusus, dan komisi presiden yang telah bekerja selama beberapa dekade untuk memulihkan kekayaan haram masih ada.

Marcos Jr. belum menjelaskan bagaimana dia akan menangani sisa-sisa masa lalu seperti itu. “Apa yang terjadi dengan semua monumen yang memperingati semua nyawa yang hilang? Apa yang terjadi dengan semua monumen yang merayakan kemenangan kolektif kita?” tanya Pio Abad, seorang seniman Filipina yang membuka pameran seni bulan lalu yang berfokus pada gaya hidup mewah keluarga Marcos ketika mereka berkuasa di tengah kemiskinan yang mengerikan di negara itu.

“Sejarah dipertaruhkan dan itu mungkin, bagi saya, salah satu hal terbesar yang berisiko,” kata Abad. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home