Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 08:02 WIB | Jumat, 14 Agustus 2015

Festival Film Busan Pilih Film Asia Terbaik Sepanjang Masa

Festival Film Busan Pilih Film Asia Terbaik Sepanjang Masa
Film Seven Samurai yang sangat terkenal, karya Akira Kurosawa, menempati urutan keenam dari 10 besar film Asia terbaik. (Foto: kinnemaniac.com)
Festival Film Busan Pilih Film Asia Terbaik Sepanjang Masa
Film Tokyo Story, karya Yasujiro Ozu, yang dinobatkan sebagai film terbaik Asia oleh Festival Film Busan. (Foto: doctormacro.com)
Festival Film Busan Pilih Film Asia Terbaik Sepanjang Masa
Film karya Garin Nugroho, Puisi Tak Terkuburkan, masuk dalam daftar film terbaik Asia. (Foto: febiofest.cz)

BUSAN, SATUHARAPAN.COM – Festival Film Busan (Pusan International Film Festival/PIFF) di Korea Selatan, salah satu festival film paling penting di Asia, dikabarkan segera mengedarkan daftar 100 film Asia yang dianggap terbaik sepanjang masa.

Dua film karya sutradara Jepang terkenal, Akira Kurosawa (1910-1998), seperti diberitakan bbc.com, masuk dalam 10 teratas.

Posisi tertinggi pada daftar ini adalah film Tokyo Story (diedarkan tahun 1953), sebuah film keluarga karya sutradara Jepang, Yasujiro Ozu (1903-1963). Karya Kurosawa, Rashomon (1950), berada di urutan kedua.

Daftar ini dibuat berdasarkan pemilihan yang dilakukan oleh 73 tokoh yang terdiri dari kritikus, programmer festival, dan sutradara di Asia, yang seperti dilaporkan Variety, untuk menandai 20 tahun Festival Film Busan.

Tokoh-tokoh yang terlibat, di antaranya Jonathan Rosenbaum, Tony Rayns, dan Hashumi Shigehiko (kritikus), Mohsen Makhmalbaf, Bong Joon-ho, serta Apichatpong Weerasethakul (sutradara).

Masing-masing tokoh itu memilih 10 film yang mereka unggulkan, yang menghasilkan jumlah 113 film karya dari 106 sutradara masuk ke dalam daftar tersebut.

Di dalam daftar itu, menurut bbc.com, satu-satunya film Indonesia yang masuk daftar adalah Puisi Tak Terkuburkan (The Poet) karya sutradara Garin Nugroho.

Situs web festival itu menyebutkan daftar itu akan diperbaharui setiap lima tahun, dimaksudkan sebagai "panduan nilai estetik dan sejarah sinema Asia, dan menemukan mahakarya tersembunyi serta sutradara berbakat di Asia".

Berikut daftar 10 film dengan raihan suara tertinggi:

1. Tokyo Story (1953), Yasujiro Ozu, Jepang

2. Rashomon (1950), Kurosawa Akira, Jepang

3. In the Mood for Love (2000), Wong Kar Wai, Hong Kong

4. The Apu Trilogy (1955), Satyajit Ray, India

5. A City of Sadness (1989), Hou Hsiao-hsien, Taiwan

6. Seven Samurai (1954), Kurosawa Akira, Jepang

7. A Brighter Summer Day (1991), Edward Yang, Taiwan

8-9. Spring in a Small Town (1948), Fei Mu, Tiongkok, dan Still Life (2006), Jia Zhangke, Tiongkok

10. The Housemaid (1960), Kim Ki-young, Korea, dan Close-Up (1990), Abbas Kiarostami, Iran

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home