Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 04:33 WIB | Rabu, 18 Desember 2019

Festival Kemul 2019 Digelar di 1915 Arts Koffie Huis

Ilustrasi poster Festival Kemul 2019. (Foto: official dok Festival Kemul 2019)

SALATIGA, SATUHARAPAN.COM – Sebuah komunitas di Kota Salatiga yang beranggotakan kaum muda dan menamakan dirinya Kelompok Menulis Lagu (Kemul) akan menggelar Festival Kemul untuk pertama kalinya pada Minggu (22/12) di: 1915 Arts Koffie Huis Salatiga.

Dalam keterangan tertulis yang diterima satuharapan.com, mentor Kemul Petrus Brianto ‘Adoy” Adi menjelaskan Festival Kemul adalah kegiatan para peserta Kelompok Menulis Lagu (Kemul) menampilkan karya-karyanya secara live dalam sebuah pertunjukan yang dinikmati bersama audiens dan terbuka untuk umum. Festival ini diadakan untuk memfasilitasi peserta Kemul menambah kosa ruang dan pengalaman mengkomunikasikan karyanya kepada audiens yang lebih luas dalam suasana hangat, sukacita, apresiatif dan bermartabat.

Festival ini merupakan bagian dari kegiatan belajar dan berlatih Kemul yang dimentori Adoy bersama vokalis Bonita sejak awal tahun ini dimana dalam seminggu sekali mereka berkumpul dan berkarya bersama. Pada setiap akhir semester mereka akan melakukan festival, dimulai dengan yang pertama pada akhir tahun 2019 ini.

“Dengan festival ini kami mengajak khalayak luas merayakan proses kita menulis lagu. Menghasilkan karya dalam kesederhanaan, membaginya, sekaligus keragaman lagu yang ditampilkan akan memperkaya apresiasi kita. Semoga bisa jadi satu resep agar kita bisa tetap waras dengan cara yang bahagia,” jelas Adoy kepada satuharapan.com, Selasa (17/12).

Format penampilan setiap penyanyi-penulis lagu (singer-songwriter) adalah sederhana: secara ‘mentah’/ ‘polos’ bisa menampilkan keutuhan lagu ‘asli’nya. Meskipun demikian format ini tidak mengabaikan standar penampilan musik yang layak.

Festival Kemul juga mengusahakan serbuk silang kreativitas antar (komunitas) penulis lagu. Hal ini tentunya akan mengayakan pengembangan diri dan musikal para pelakunya. Untuk memfasilitasi usaha tersebut Festival Kemul 2019 terbuka terhadap partisipasi penulis lagu di luar Kemul.

Festival Kemul 2019 diselenggarakan dalam bentuk kerjasama secara mandiri antara Talalestari.id, 1915 Arts Koffie Huis-Salatiga, peserta Kemul.

Para penyanyi-penulis lagu yang akan tampil dalam Festival Kemul 2019 adalah Adi Alam (Tangerang Selatan), Alief Wicaksana, Ananda Guswin Putratama, Arif Bagas Adi Satria,  Bernadus Dwi Sunu, Cavella Marvel Saputra, Dayat Madany (Jakarta), Didot Klasta Harimurti, Dima Miranda (Depok), Elroy Abed Kurniawan, Erfix Bahtiar, Fandi Kurniawan,- Gifta Purwa Lawang Kembara, Gina Aghnia (Tangerang), Nicolaus Deka, Paparazi (Cirebon), Pramusetya Kanca, Sadana Agung, Susmia Kendedes (Banjarnegara), Titis Wisik Dewandari, Urip Gangsar Nugroho, Vincentius Yudhistira, Widya, Yonathan Prihantara, dan Yulius Seto Priatmoko.

Festival Kemul 2019 akan berlangsung pada Minggu (22/12) mulai pukul 15:00 - 21:00 WIB di 1915 Arts Koffie Huis, Jalan Buk Suling no. 17 - Salatiga, terbuka untuk umum dan gratis.

Informasi seputar pelaksanaan-penyelenggaraan Festival Kemul 2019 bisa ditanyakan melalui surel talalestari.studio@gmail.com atau bisa menghubungi no. telpon: +62 818905040 (Adoy).

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home