Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 05:10 WIB | Sabtu, 12 Maret 2022

Festival Ular Derik di Texas, Amerika Serikat, Dikecam dan Diminati

Festival Ular Derik di Texas, Amerika Serikat, Dikecam dan Diminati
Perempuan Sweetwater membersihkan dan menguliti ular derik selama Penangkapan Ular Berbisa Terbesar di Dunia ke-57 di Nolan County Coliseum di Sweetwater Texas, 14 Maret 2015. Aktivis hak-hak binatang memuji pengumpulan ular derik tahunan di Georgia selatan yang baru-baru ini mengubah format ini acara bulan untuk merayakan ular hidup tanpa menguliti dan menyembelih mereka. Tapi tidak ada perubahan seperti itu yang terjadi pada penangkapan ular berbisa besar yang dimulai akhir pekan ini, Sabtu 12 Maret 2022 di Texas, sebuah festival yang menurut para aktivis sebagai tindakan barbar. (Foto: dok. Courtney Sacco/Odessa American via AP)
Festival Ular Derik di Texas, Amerika Serikat, Dikecam dan Diminati

WOODSTOCK, SATUHARAPAN.COM-Penangkapan ular berbisa tahunan yang dilangsungkan di Georgia selatan, Amerika Serikat, baru-baru ini mengubah format acara bulan ini, untuk merayakan ular hidup tanpa menguliti dan menyembelih mereka. dan itu mendapatkan pujian dari aktivis hak-hak binatang.

Namun sebaliknya tidak ada perubahan seperti itu yang terjadi pada penangkapan ular derik besar yang dimulai akhir pekan ini di Texas, sebuah festival yang menurut para aktivis sebagai tindakan barbar.

Kedua peristiwa tersebut sangat kontras dalam cara menangani ular derik. Mereka juga menunjukkan perbedaan besar dalam bagaimana mereka dilihat oleh beberapa orang, dengan festival Georgia yang dipuji oleh para pendukung hewan, dan yang di Texas dipermalukan.

“Beberapa penangkapan ular berbisa masih bertahan,” kata Pusat Keanekaragaman Hayati yang berbasis di Arizona dalam sebuah pernyataan yang penuh dengan cemoohan terhadap festival di Texas, yang “terkenal karena secara terbuka membunuh dan menguliti ular derik jenis diamondback barat oleh ratusan orang di depan orang banyak.”

Rencana untuk "Pengumpulan Ular Rattlesnake Terbesar di Dunia" akhir pekan ini di kota Sweetwater Texas adalah skala penuh tindakan itu, dengan ular akan dikuliti dan yang lain "diperah" racunnya. Bahkan ada kontes untuk perempuan muda lokal, Miss Snake Charmer. Kota berpenduduk 11.000 jiwa  itu diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar 30.000 orang selama festival yang berlangsung hari Jumat (11/3) hingga Minggu (13/3), kata Dennis Cumbie, salah satu penyelenggara.

“Ini adalah acara terbesar di kota ini setiap tahun,” kata Cumbie. "Ini sangat banyak bagian dari budaya kita."

Sweetwater telah menangkap ular derik selama lebih dari enam dekade, "dan apa yang telah kami temukan selama 64 tahun adalah bahwa kami tidak merusak populasi ular sama sekali," kata Cumbie. Sebaliknya, penyelenggara menyamakan perburuan ular dengan bagaimana pemburu lain menjaga jumlah rusa.

Di Georgia, penyelenggara mengatakan format yang lebih manusiawi yang mereka luncurkan untuk pertama kalinya akhir pekan lalu sukses. Angka pasti kehadiran tidak diketahui, karena banyak orang seperti anak-anak diterima secara gratis, tetapi “Saya telah mendengar antara 7.000 hingga 15.000,” kata sukarelawan lama, Jeffrey Cox, yang telah membantu mengorganisir Whigham Rattlesnake Roundup selama empat dekade terakhir.

"Semua orang gugup tentang itu dan tidak tahu bagaimana kelanjutannya," kata Cox. Kemudian datang cuaca yang sempurna untuk pertunjukan Georgia satu hari, "dan tidak ada keluhan apa pun," katanya. “Kami mungkin memiliki lebih banyak ular di sana tahun ini, meskipun formatnya berbeda dari yang kami miliki.”

Di Texas, kumpulan Sweetwater terjalin dengan budaya kota dan menarik pengunjung dari seluruh dunia. Itu dimulai 64 tahun yang lalu untuk mencegah ular menyelinap ke kota dan menyerang ternak, hewan peliharaan, dan manusia, kata penyelenggara.

Karen Hunt dibesarkan di Sweetwater, dan ingat sesama orang Texas bertanya kepadanya tentang kampung halamannya. "Ya, kami adalah kota ular derik," kata mereka. Sekarang, sebagai direktur Kamar Dagang Sweetwater dan Nolan County, Hunt mendapat telepon dari orang-orang di Inggris, Jerman, dan bagian dunia lain yang menanyakan tentang festival dan membuat rencana untuk berkunjung.

"Ini benar-benar menempatkan kami di peta," katanya. “Apa yang dilakukannya untuk komunitas kami adalah memberi kami rasa tempat ini.”

Pemburu mengumpulkan ular, ada kontes untuk mereka yang menangkap yang terbesar, dan mereka dibawa ke Nolan County Coliseum, di mana banyak bagian ular dipanen, kata Cumbie. Dia adalah ketua lubang pemerahan, tempat racun diekstraksi dan kemudian digunakan untuk mengembangkan berbagai obat untuk berbagai penyakit.

Kulit ular pada akhirnya akan muncul di sepatu bot koboi, ikat pinggang, dan pakaian barat lainnya. Kerincingan digunakan untuk suvenir, begitu juga kepalanya, kata Cumbie. "Secara harfiah tidak ada pemborosan," katanya. “Kami juga menyembelih sekitar 1.000 pon dari mereka setiap tahun yang kami masak di tempat.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home