Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Jumat, 25 November 2022

FIFA Izinkan Suporter Bawa Simbol dan Bendera Pelangi di Piala Dunia

Suporter Wales bersorak jelang Piala Dunia, pertandingan sepak bola grup B antara Amerika Serikat dan Wales, di Stadion Ahmad Bin Ali di Doha, Qatar, Senin, 21 November 2022. (Foto: AP/Ashley Landis)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Federasi sepak bola Wales mengatakan FIFA telah menawarkan jaminan bahwa para suporter yang memakai simbol pelangi akan diizinkan pada pertandingan Piala Dunia hari Jumat (25/11) ketika tim negara itu melawan Iran.

Federasi telah meminta FIFA untuk kejelasan tentang laporan beberapa penggemar Wales dilarang membawa topi dan bendera pelangi ke tim pembuka Piala Dunia melawan Amerika Serikat pada hari Senin lalu.

“FIFA telah mengkonfirmasi bahwa penggemar dengan topi dengan Rainbow Wall dan bendera pelangi akan diizinkan masuk ke stadion,” posting federasi Wales, hari Kamis ke media sosial.

The Rainbow Wall adalah grup pendukung LGBTQ Wales.

Federasi menambahkan bahwa semua tempat Piala Dunia telah “dihubungi dan diinstruksikan untuk mengikuti aturan dan regulasi yang disepakati.”

FIFA mengonfirmasi bahwa pihaknya telah melakukan kontak dengan federasi Wales dan menegaskan kembali jaminan lama dari otoritas Qatar bahwa simbol LGBTQ akan diizinkan masuk ke delapan stadion Piala Dunia.

Namun, badan pengelola tidak memiliki wewenang atas keamanan stadion, yang dikendalikan oleh panitia lokal.

Gambar pelangi, simbol hak LGBTQ, tidak disukai di negara tuan rumah, dan hubungan sesama jenis dikriminalisasi.

Pada bulan April, seorang pejabat keamanan senior Qatar yang mengawasi persiapan turnamen menyarankan agar para penggemar yang membawa bendera pelangi dapat melepasnya untuk melindungi mereka dari kemungkinan serangan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home