Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:38 WIB | Senin, 20 Desember 2021

Filipina: 140 Meninggal Akibat Topan Rai

Foto dari Penjaga Pantai Filipina: pohon-pohon tumbang tergeletak di sepanjang jalan kosong di Provinsi Surigao del Norte, Filipina selatan pada hari Sabtu, 18 Desember 2021. (Foto: via AP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Gubernur Bohol, Filipina bagian tengah mengatakan bahwa setidaknya 63 orang tewas akibat Topan Rai di lebih dari setengah kota yang berhasil dia hubunginya, menjadikan jumlah korban tewas dalam topan terkuat yang melanda negara ini menjadi setidaknya 140.

Gubernur Arthur Yap dari provinsi Bohol mengatakan 10 lainnya hilang dan 13 terluka, dan menyatakan korban jiwa mungkin masih bertambah dengan hanya 33 dari 48 wali kota yang dapat melapor kembali kepadanya karena komunikasi terputus.

Para pejabat berusaha mengkonfirmasi jumlah kematian yang cukup besar yang disebabkan oleh tanah longsor dan banjir besar di tempat lain.

Dalam pernyataan yang diposting di Facebook, Yap memerintahkan wali kota di provinsinya yang berpenduduk lebih dari 1,2 juta orang untuk memohon kekuatan darurat untuk mengamankan paket makanan bagi sejumlah besar orang bersama dengan air minum. Keduanya telah segera dicari di beberapa kota yang terkena dampak parah.

Setelah bergabung dengan survei udara militer di kota-kota yang dilanda topan, Yap mengatakan “sangat jelas bahwa kerusakan yang diderita oleh Bohol sangat besar dan mencakup semua.”

Dia mengatakan inspeksi awal tidak mencakup empat kota, di mana topan bertiup saat mengamuk melalui provinsi pulau di wilayah tengah Filipina pada hari Kamis dan Jumat. Pemerintah mengatakan sekitar 780.000 orang terkena dampak, termasuk lebih dari 300.000 penduduk yang harus mengungsi dari rumah mereka.

Setidaknya 64 kematian akibat topan lainnya dilaporkan oleh badan tanggap bencana, polisi nasional, dan pejabat setempat. Pejabat di Kepulauan Dinagat, salah satu provinsi tenggara yang pertama kali diterjang topan, secara terpisah melaporkan 10 kematian hanya dari beberapa kota, sehingga keseluruhan kematian sejauh ini menjadi 140.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, terbang ke wilayah itu pada hari Sabtu (18/12) dan menjanjikan bantuan sebesar dua miliar peso (US$ 40 juta). Dia bertemu pejabat di Kota Maasin di Provinsi Leyte Selatan, tempat dia dilahirkan. Keluarga Duterte kemudian pindah ke kota Davao, di mana ia menjabat sebagai wali kota lama sebelum naik ke kursi kepresidenan.

“Saat saya lahir ke dunia ini, saya memberi tahu ibu saya, 'Jangan tinggal di sini karena tempat ini sangat rawan topan,'” kata Duterte kepada para pejabat.

Pada kondisi terkuatnya, topan itu membawa angin berkecepatan 195 kilometer (121 mil) per jam dan hembusan hingga 270 kph (168 mph), menjadikannya salah satu yang paling kuat dalam beberapa tahun terakhir yang menghantam kepulauan yang rawan bencana, yang terletak antara Samudra Pasifik dan Laut Cina Selatan.

Air banjir naik dengan cepat di kota tepi sungai Bohol, Loboc, tempat penduduk terjebak di atap dan di pepohonan. Mereka diselamatkan oleh penjaga pantai pada hari berikutnya. Di Kepulauan Dinagat, seorang pejabat mengatakan atap dari hampir semua rumah, termasuk tempat penampungan darurat, rusak atau tertiup angin seluruhnya.

Sedikitnya 227 kota dan kota kehilangan listrik, yang sejak itu telah dipulihkan hanya di 21 daerah, kata para pejabat, menambahkan bahwa tiga bandara regional rusak, termasuk dua yang tetap ditutup.

Kematian dan kerusakan luas yang ditinggalkan oleh topan menjelang Natal di negara yang sebagian besar beragama Katolik Roma itu membawa kembali ingatan akan bencana yang ditimbulkan oleh topan lain, Haiyan, salah satu yang paling kuat dalam catatan. Topan itu melanda banyak provinsi tengah yang dihantam pekan lalu, menyebabkan lebih dari 6.300 orang tewas pada November 2013.

Sekitar 20 badai dan topan melanda Filipina setiap tahun. Kepulauan ini juga terletak di sepanjang wilayah “Cincin Api” Pasifik yang aktif secara seismik, menjadikannya salah satu negara yang paling rentan terhadap bencana alam. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home