Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:21 WIB | Sabtu, 13 Juni 2020

Filipina: Aktivis Protes RUU Anti Terorisme

Seorang pengunjuk rasa berpose seperti mayat di lokasi kejadian kriminal dengan poster disamping tubuhnya yang bertuliskan "Oust Duterte" (Pecat Duterte) dalam sebuah pawai protes atas rencana undang-undang anti-terorisme pada Hari Kemerdekaan, di University of Philippines, Quezon City, Metro Manila, Filipina, Jumat (12/6/2020). (Foto: Reuters)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 1.000 warga Filipina, hari Jumat (13/6), memberanikan diri turun ke jalan di tengah ancaman penularan COVID-19 untuk memprotes rancangan undang-undang (RUU) anti-terorisme baru yang akan disahkan oleh Presiden Rodrigo Duterte.

Unjuk rasa itu, dipimpin oleh aktivis penentang Duterte, digelar saat Filipina merayakan 122 tahun kemerdekaan negara itu dari pendudukan Spanyol.

Pegiat hak asasi manusia menyampaikan kekhawatiran mereka terhadap RUU usulan Duterte itu. Aktivis memperingatkan ada sejumlah pasal yang tidak manusiawi, termasuk di antaranya penangkapan tanpa disertai surat penahanan.

Jika disahkan, UU dapat digunakan penguasa untuk menargetkan kelompok oposisi, kata para aktivis. "Tampaknya kami akan kehilangan hak paling dasar karena rancangan undang-undang anti-terorisme, khususnya hak kami untuk mengkritik pemerintah," kata Ofelia Cantor, satu dari 1.000 orang demonstran yang berunjuk rasa di gedung utama University of the Philippines, Manila.

Para pengunjuk rasa, lengkap dengan masker dan jaga jarak, memegang poster aksi dan menyerukan slogan, di antaranya berbunyi: "RUU sampah!" dan "Aktivis bukan teroris!"

Juru bicara presiden, Harry Roque, menyampaikan RUU itu dibuat dengan mengadopsi cara pencegahan ekstremisme yang telah efektif dipraktikkan di beberapa negara.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri, Eduardo Ao mengatakan ia memerintahkan kepolisian untuk mengawal para demonstran dan menoleransi aksi unjuk rasa, meskipun ia memperingatkan aturan karantina melarang adanya kumpulan massa. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home