Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 08:19 WIB | Selasa, 06 September 2016

Filipina Konfirmasi Kasus Zika Pertama Tahun Ini

Ilustrasi: Nyamuk Aedes aegypti (Foto: Dok.satuharapan.com/drealfmgrenada.com)

MANILA, SATUHARAPAN.COM - Filipina mengonfirmasi kasus pertama virus zika tahun ini pada Senin (5/9/2016) dan mengatakan penyakit itu "sangat mungkin" ditularkan secara lokal, dan diperkirakan akan muncul lebih banyak kasus setelah pengawasan ditingkatkan.

Seorang wanita berusia 45 tahun yang tinggal di Kota Iloilo, di Filipina, seperti diberitakan abc.net.au,  diketahui mengidap virus tersebut, menurut Dr Eric Tayag, juru bicara Kementerian Kesehatan Filipina, dalam pertemuan dengan media.

Wanita itu dalam kondisi tidak hamil, katanya, dan dalam proses pemulihan di rumahnya. Kasus itu dianggap "sangat mungkin" tertular dari virus lokal karena dia tidak memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terkena dampak dalam dua minggu terakhir, menurut Tayag, seperti dikutip dari Reuters.

Kasus pertama zika yang dilaporkan Filipina adalah pada tahun 2012, yang dialami seorang remaja di Pulau Cebu di Filipina tengah. Empat kasus berikutnya adalah dari warga asing.

Singapura, seperti diberitakan ABC, telah melaporkan lebih dari 240 kasus zika sejak kasus pertama ditemukan pada 27 Agustus. Malaysia, sampai saat ini melaporkan satu kasus. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home