Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 23:00 WIB | Senin, 31 Oktober 2016

Filipina-Tiongkok Capai Kesepahaman di Laut Cina Selatan

Klaim wilayah Tiongkok di Laut Cina Selatan yang memicu konflik kawasan. (Foto: UNCLOS/BBC)

FILIPINA, SATUHARAPAN.COM - Filipina dan Tiongkok mencapai kesepahaman yang memungkinkan para nelayan Filipina untuk menangkap ikan di sekitar perairan dangkal yang direbut Beijing pada 2012, ungkap seorang asisten senior Presiden Rodrigo Duterte pada Senin (31/10).

Duterte menegosiasikan pemahaman tersebut dalam pertemuannya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping baru-baru ini di Beijing, kata penasihat keamanan nasional Manila Hermogenes Esperon .

Sebagai hasilnya dalam beberapa hari terakhir nelayan Filipina diizinkan menangkap ikan tanpa gangguan di Scarborough Shoal di Laut Cina Selatan walaupun kapal pemerintah Tiongkok berpatroli di dekatnya, tambahnya.

"Tidak ada kesepakatan namun presiden kami yakin bahwa nelayan kita tidak akan lagi diganggu karena dia sudah merundingkan masalah ini" selama kunjungannya, kata Esperon kepada media.

"Para penjaga pantai Tiongkok ada di sana, namun angkatan laut mereka tidak ada. Dan sekarang, nelayan kita tidak lagi diganggu, tidak lagi dipaksa pergi, jadi dapat disimpulkan saat ini keadaan bersahabat," tambahnya. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home