Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki 14:31 WIB | Jumat, 02 Juni 2023

Film Oppenheimer Masuk Rating Restricted

Ilustrasi- Salah satu agenda dalam "Oppenheimer" (2023). (Universal Pictures)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Film terbaru “Oppenheimer” besutan sutradara Christoper Nolan resmi diberi rating R (restricted) karena mengandung beberapa konten yang mewajibkan orang tua harus memberikan pendampingan pada anak di bawah 17 tahun.

Melalui variety.com yang dikutip Jumat (2/6), Universal Pictures selaku rumah produksi film tersebut memastikan “Oppenheimer" akan menjadi film ber-rating R pertama Nolan sejak film "Insomnia" tahun 2002.

Dalam wawancara terpisah, Nolan mengatakan film “Oppenheimer” adalah film terpanjang dalam karirnya, dengan durasi kurang dari tiga jam. Bahkan, Nolan merekam film menggunakan kamera film format besar dan cetakan film tersebut mencapai panjang pita 11 mil atau sekitar 20 ribu meter dan berat 600 pon atau sekitar 272 kg.

"Ketajaman dan kejernihan serta kedalaman gambar tidak tertandingi," kata Nolan.

Bukan tanpa sebab, Nolan ingin film “Oppenheimer” dapat dinikmati dengan kualitas terbaik. Penonton juga diajak untuk membenamkan diri mereka dalam dunia film seakan masuk ke dalamnya.

Selain itu, meskipun telah dikritik di karya-karya sebelumnya karena terlalu berisik, Nolan mengatakan tetap memakai efek yang sama. Hal ini karena dalam salah satu adegan film “Oppenheimer,” yakni tes trinity atau ledakan pertama senjata nuklir mengharuskan audio dengan suara besar juga muncul dalam film ini.

Namun, penonton tidak perlu khawatir karena Nolan tidak akan terlalu banyak menggunakan audio bersuara keras dalam filmnya kali ini. Ia juga mengatakan mampu mensimulasikan ledakan bom atom tanpa bergantung pada VFX.

VFX (Visual Effects) adalah teknik yang umum dipakai dalam industri film, televisi dan animasi. VFX menambahkan proses manipulasi khusus yang tidak membutuhkan pengambilan gambar melalui syuting, sehingga VFX disertakan setelah syuting selesai dilakukan.

Film "Oppenheimer" menceritakan tentang seorang fisikawan teoretis J. Robert Oppenheimer saat memimpin Proyek Manhattan dan menciptakan bom atom untuk mengakhiri Perang Dunia II.

Aktor Cillian Murphy berperan sebagai Oppenheimer bersama dengan Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., Florence Pugh, dan aktor serta aktris lainnya. Film "Oppenheimer" dijadwalkan akan tayang di bioskop 21 Juli 2023.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home