Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 19:34 WIB | Rabu, 04 September 2019

Film Thriller Politik “Seberg” Tayang Perdana di Festival Film Venesia

Aktris Kristen Stewart, pemeran utama film "Seberg", hadir dalam acara tayang perdana film thriller politik tersebut di Festival Film Internasional Venesia, pada 30 Agustus 2019. (Foto: PinkVilla)

VENESIA, SATUHARAPAN.COM – Jean Seberg adalah aktris Amerika yang terkenal pada kurun waktu 1957–1979. Menghabiskan separuh hidupnya di Prancis, ia didapati meninggal di rumahnya pada 30 Agustus 1979, dan polisi menyatakan penyebabnya: bunuh diri. Usianya 40 tahun saat.

Bukan karena kecantikan atau tatanan rambut pendeknya yang menandai era New Wave pada industri perfilman Prancis ketika tampil dalam film garapan Jean-Luc Godard, Breathless (1960), seperti dilansir VOA, pada akhir 1960-an Seberg menjadi sasaran incaran Direktur FBI J Edgar Hoover, karena keterlibatan politik dan jalinan asmaranya dengan aktivis hak-hak sipil Hakim Jamal. Ia juga disebut-sebut mendanai kelompok-kelompok hak sipil termasuk Black Panther Party.

Sebuah memo internal FBI memerinci bagaimana kantor tersebut berusaha “menetralisir” Seberg dengan membocorkan informasi tentang afiliasi politiknya dan desas-desus mengenai kehamilannya dan menyadari tindakannya kemungkinan akan mempermalukan serta memudarkan citranya di hadapan publik.

Kisah nyata kehidupan Jean Seberg diangkat ke dalam film berjudul Seberg. Film thriller politik yang digarap sutradara Benedict Andrews, berdasarkan skenario yang ditulis Joe Shrapnel dan Anna Waterhouse ini, diperkenalkan di ajang Festival Film Internasional Venesia yang ke-76 di Italia, yang berlangsung sejak 28 Agustus hingga 7 September 2019.

Aktris Kristen Stewart, 29 tahun, yang meraih ketenaran globalnya melalui film Twilight, berperan sebagai Jean Seberg. Aktor Anthony Mackie berperan sebagai Hakim Jamal.

Film yang ditayangkan dalam pemutaran di luar kompetisi di Festival Film Venesia itu, mengutip Antara, mengisahkan Seberg yang sadar bahwa ia sedang diawasi dan dampaknya terhadap kesehatan mental serta kehidupan pribadinya.

“Kisah sosok ini sangat tragis untuk semua alasan yang benar dan kita harus mengenalnya lebih dari sekadar potongan rambut pendek dan film-filmnya,” kata Stewart dalam konferensi pers seperti dikutip dari Reuters.

Ia menghadiri malam pemutaran perdana Seberg di Venesia, Italia, 30 Agustus lalu. Bagi Stewart, Jean Seberg bukan sekadar sosok dengan ciri khas potongan rambutnya yang pendek, mewakili apa yang disebut era New Wave, namun yang menarik adalah pengorbanannya.

“Film yang mengungkap seorang perempuan yang kisahnya sangat menarik untuk disaksikan masa sekarang,” kata Stewart, seperti dilansir VOA.

Film ini juga akan diputar di Festival Film Internasional Toronto pada 7 September 2019.

Selain Stewart, film ini dibintangi Jack O'Connell, Anthony Mackie, Margaret Qualley, Colm Meaney, Zazie Beetz dan Vince Vaughn.

Editor : Sotyati

Kampus Maranatha
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home