Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:01 WIB | Sabtu, 19 November 2022

Finlandia Akan Bangun 200 Km Pagar di Perbatasan dengan Rusia

Pembangunan pagar bagian dari peningkatan keamanan perbatasan setelah Rusia menginvasi Ukraina.
Pelancong dari Rusia dengan mobil antre untuk menyeberangi perbatasan ke Finlandia di pos pemeriksaan perbatasan Vaalimaa di Virolahti, Finlandia, pada 25 September 2022. (Foto: dok.Reuters)

HELSINSK, SATUHARAPAN.COM-Finlandia meluncurkan rencana untuk meningkatkan keamanan di perbatasannya dengan Rusia, termasuk membangun pagar sepanjang 200 kilometer (124 mil), setelah invasi ke Ukraina memicu ketegangan di sepanjang perbatasan.

"Dalam situasi ini, kami memiliki banyak alasan untuk mempertimbangkan kembali pengaturan kami," kata Brigadir Jenderal Jari Tolppanen dari Badan Penjaga Perbatasan Finlandia kepada AFP.

Sekitar 200 kilometer dari perbatasan sepanjang 1.300 kilometer akan dipagari dengan biaya sekitar 380 juta euro (setara Rp 6,1 triliun), kata badan perbatasan itu.

Pagar akan setinggi lebih dari tiga meter dengan kawat berduri di bagian atas. Pada area yang sangat sensitif akan dilengkapi dengan kamera night vision, lampu dan pengeras suara, manajer proyek Ismo Kurki menjelaskan selama konferensi pers.

Pembangunan direncanakan akan berlangsung dalam tiga tahap. Pertama, pagar percontohan sepanjang tiga kilometer akan dibangun di perbatasan Imatra pada Maret 2023.

Berdasarkan pengalaman tersebut, tahap kedua akan melihat pembangunan pagar sepanjang 70 kilometer lagi di daerah dekat perbatasan, mulai akhir 2023.

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran enam juta euro untuk skema percontohan dan 139 juta euro untuk tahap kedua.

Fase terakhir direncanakan selesai pada 2025 atau 2026, kata Tolppanen. “Ini adalah salah satu proyek terbesar yang pernah dilakukan oleh Penjaga Perbatasan,” katanya kepada wartawan.

Khawatir bahwa Moskow dapat menggunakan migran untuk memberikan tekanan politik pada Helsinki, kandidat NATO Finlandia pada bulan Juli mengesahkan amandemen baru terhadap Undang-undang Penjaga Perbatasan untuk memfasilitasi pembangunan pagar yang lebih kuat.

Meskipun perbatasan Finlandia-Rusia telah "bekerja dengan baik" di masa lalu, Tolppanen mencatat bahwa perang di Ukraina telah mengubah situasi keamanan "secara fundamental".

Amandemen tersebut memungkinkan untuk menutup penyeberangan perbatasan dan memusatkan pencari suaka di titik-titik tertentu, jika terjadi upaya besar-besaran untuk memasuki Finlandia.

Ini berarti bahwa "dalam situasi ekstrim" Penjaga Perbatasan akan "bertugas mencegah masuk ke Finlandia".

“Ini adalah tugas baru Penjaga Perbatasan,” kata Tolppanen. Dia mengatakan pagar perbatasan “sangat diperlukan” untuk menghentikan masuknya secara ilegal skala besar dari wilayah Rusia.

Saat ini, perbatasan Finlandia diamankan terutama dengan pagar kayu ringan, terutama dirancang untuk mencegah ternak berkeliaran ke sisi yang salah.

Estonia, Latvia, dan Polandia juga telah meningkatkan keamanan di perbatasan mereka dengan Rusia atau berencana melakukannya.

Finlandia melihat masuknya orang Rusia pada bulan September setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan mobilisasi pasukan cadangan untuk berperang di Ukraina. Helsinki kemudian sangat membatasi masuknya warga negara Rusia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home