Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:22 WIB | Senin, 02 Mei 2022

Finlandia Hampir Pasti Bergabung dengan NATO

Logo NATO ditempatkan di pintu masuk markas NATO yang baru selama pemindahan ke gedung baru, di Brussels, Belgia 19 April 2018. (Foto: dok. Reuters)

HELSINSKI, SATUHARAPAN.COM-Finlandia hampir pasti akan mengajukan keanggotaan di NATO, kata Menteri Luar Negeri Swedia, Ann Linde, mengatakan kepada televisi Swedia pada hari Minggu (1/5).

Invasi Rusia ke Ukraina telah memaksa Swedia dan tetangga timurnya Finlandia untuk meninjau kembali keyakinan bahwa netralitas militer sebagai cara terbaik untuk memastikan keamanan nasional.

“Kami tahu kurang lebih bahwa mereka (Finlandia) akan mengajukan keanggotaan NATO. Dan itu mengubah seluruh keseimbangan... Jika salah satu negara kita bergabung, kita tahu bahwa ketegangan akan meningkat,” kata Linde kepada penyiar publik SVT.

Ditanya apakah menurutnya Finlandia akan bergabung dengan NATO, Linde berkata: "Saya pikir Anda bisa mengatakan itu dengan pasti."

Baik Swedia dan Finlandia diperkirakan membuat keputusan apakah akan bergabung dengan aliansi militer dalam beberapa pekan mendatang.

Menteri Luar Negeri Finlandia, Pekka Haavisto, mengatakan pada hari Jumat bahwa ia berharap Finlandia dan Swedia akan membuat keputusan serupa pada waktu yang sama. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home