Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:25 WIB | Rabu, 23 Desember 2015

Fishing Town, Bermain Game Sambil Mendukung Konservasi

Fishing Town, game yang diciptakan wwf dan bermitra perusahaan pengembang game, Touchten mengajak para pemain menjelajahi keindahan perairan Wakatobi, Alor, Banda, Pulau Kei, Teluk Cenderawasih, Arafura, Kepulauan Komodo, Bali, Laut Jawa, dan Maluku. dan dapat diunduh secara gratis di Google Play. (Foto: wwf.or.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Indonesia, terkenal dengan keindahan dan kekayaan lautnya. Berbagai keanekaragaman hayati tersimpan dari Sabang sampai Merauke. Terumbu karang nan indah dan jutaan biota laut tinggal di laut Indonesia, serta ribuan  jenis ikan juga bisa ditemukan di perairan kita.

Beragam kekayaan tersebut,  kini bisa dikenal dan dipelajari dengan cara menarik melalui sebuah game, yang dapat dimainkan di perangkat berbasis android. Game mengasyikkan tersebut bernama Fishing Town.

WWF bermitra dengan perusahaan pengembang game, Touchten untuk mengajak para pemain menjelajahi keindahan perairan Wakatobi, Alor, Banda, Pulau Kei, Teluk Cenderawasih, Arafura, Kepulauan Komodo, Bali, Laut Jawa, dan Maluku. Fishing Town juga memberikan informasi yang menarik dan unik mengenai setiap lokasi penangkapan ikan.

Melalui game ini, para pemain dapat berkesempatan untuk mengenali dan belajar tentang lebih dari 100 jenis ikan, yang hidup di perairan tersebut seperti ikan baronang, kerapu, bawal, dan barakuda. Semua spesies ikan yang dapat dipancing di permainan ini memang benar-benar ada di wilayah perairan tersebut.

Tak hanya mengasyikkan dan menambah pengetahuan, secara tak langsung, game ini juga mengedukasi masyarakat, tentang perikanan yang berkelanjutan. Pemain dapat menangkap ikan-ikan menggunakan teknik memancing berkelanjutan yang diajarkan dalam game.

Nyoman Iswarayoga, Communication & Advocacy Director, WWF-Indonesia dalam rilisnya di Jakarta pada Selasa (22/12), yang dikutip dari wwf.or.id mengatakan , "Pesan yang kami coba sampaikan bukanlah masyarakat tidak boleh memakan ikan. Memakan ikan boleh saja, tetapi belilah ikan yang ditangkap dengan cara yang tidak merusak lingkungan." 

Harapan dari permainan ini adalah, dapat mendidik konsumen untuk mencari produk yang lebih sehat untuk dimakan. Praktik-praktik penangkapan ikan yang bertanggung jawab penting dilakukan, untuk memastikan kehidupan laut tetap melimpah demi memenuhi kebutuhan generasi mendatang.

Pemain juga, dapat ikut berkontribusi nyata menyelamatkan kekayaan bawah laut, dengan membeli item kelengkapan permainan (in app purchase) berbentuk virtual “pearl” atau “gold”, yang dapat digunakan dalam permainan.

Dari setiap transaksi yang dilakukan pemain, sejumlah 0,99 USD (Rp 135) disumbangkan ke WWF-Indonesia untuk membantu upaya konservasi kelautan Indonesia.

Saat ini, game Fishing Town telah tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Google Play, dengan alamat ini http://www.wwf.or.id/?44762/Fishingtown-Begini-Cara-Memancing-yang-Baik-dan-Benar.

Mari kita mengunduh, dan mainkan game memancing yang mengasyikkan ini sekaligus berdonasi bagi konservasi laut di Indonesia.

 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home