Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:56 WIB | Senin, 03 Agustus 2020

FKUB Minta Agama Tidak Dijadikan Alat Politik

Ilustrasi. (Foto: Ist)

MUKOMUKO, SATUHARAPAN.COM - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyarankan tokoh agama di daerah ini untuk tidak menjadikan agama sebagai alat politik untuk mencari dukungan masyarakat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Jangan jadikan agama sebagai alat politik. Jangan agama diperalat untuk kepentingan kelompok atau golongan tertentu dengan tujuan mencari dukungan masyarakat pada pIlkada," kata Ketua FKUB Kabupaten Mukomuko Tunggang Siregar di Mukomuko, Senin (3/8).

Ia mengatakan hal itu saat bersilaturahmi dengan Ketua KPU Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin dan Komisioner KPU Misbahul Amri di kantor sekretariat KPU setempat.

FKUB setempat bersilahturahmi dengan KPU setempat guna menyampaikan tugas dan fungsi forum ini sekaligus memberikan dukungan kepada KPU kabupaten ini dalam menjalankan tugasnya mensukseskan pilkada serentak.

Ia mengatakan pihaknya tidak melarang masyarakat dan tokoh agama di daerah ini berpolitik praktis dan mendukung salah pasangan calon pada pilkada serentak tahun ini tetapi mereka melakukannya itu atas nama pribadi masing-masing.

“Kalau tokoh agama di daerah ini ingin berpolitik praktis pada pilkada serentak tahun atas nama pribadi masing-masing, jangan membawa nama ormas (organisasi masyarakat) keagamaan,” ujarnya.

Ia khawatir kalau muncul masalah atau gejolak dalam PIlkada 2020, maka FKUB yang repot. Dia mengungkapkan gejolak dalam pIlkada, di antaranya bentrok antartokoh satu agama dan berbeda agama bisa berimbas bentrok para pengikutnya

Untuk itu, ia mengajak seluruh tokoh agama untuk sama-sama menjaga kerukunan antarumat beragama agar Pilkada Serentak 2020 di daerah ini dapat berjalan dengan aman dan tertib.

Menurut dia, seharusnya setiap tokoh agama di daerah ini menyampaikan imbauan yang bersifat mendinginkan umat baik untuk masyarakat yang beragama Islam, Kristen dan Hindu. (Antara)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home