Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 09:06 WIB | Kamis, 12 Mei 2022

Fotografer Nick Ut Hadiahi Paus Foto “Gadis Napalm”

Fotografer Nick Ut menunjukkan kepada Paus Fransiskus fotonya tahun 1972 “Teror Perang”, juga dikenal sebagai “Gadis Napalm”, di samping seorang perempuan (kiri) yang ditampilkan dalam gambar sebagai seorang anak, di Vatikan, hari Rabu, 11 Mei 2022. (Foto: Media Vatikan via Reuters)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM-Fotografer pemenang penghargaan, Nick Ut, pada hari Rabu (11/5) memberi Paus Fransiskus salah satu gambar berita paling terkenal dan penting abad ke-20, gambar seorang gadis Vietnam berusia sembilan tahun yang berlari telanjang dari serangan bom napalm pada tahun 1972.

Gadis dalam gambar, Phan Thi Kim Phuc, sekarang 59 tahun, juga berada di audiensi umum dengan Paus di Lapangan Santo Petrus dan keduanya mengobrol dengannya selama beberapa menit.

Ut, 71 tahun, yang saat itu bekerja untuk Associated Press, memenangkan banyak penghargaan untuk foto itu, yang disebut "Teror Perang" tetapi kadang-kadang disebut sebagai "Gadis Napalm." Penghargaan itu termasuk Hadiah Pulitzer tahun 1973.

Serangan di dekat desa Kim Phuc dilakukan oleh pasukan Vietnam. Dia merobek pakaiannya yang terbakar dan berlari. Ut dan fotografer lainnya membawanya ke rumah sakit.

Foto itu dimuat di halaman depan banyak surat kabar di Amerika Serikat, dan citra brutalnya menjadi kekuatan yang besar dalam gerakan anti-perang di seluruh dunia.

Rekaman audio percakapan Gedung Putih yang dirilis pada tahun 2002 oleh Administrasi Arsip dan Catatan Nasional Amerika Serikat mengungkapkan bahwa Presiden Richard Nixon saat itu sangat khawatir tentang efek foto tersebut terhadap perang Vietnam sehingga dia bertanya-tanya apakah itu palsu.

Fransiskus menentang segala bentuk perang. Di masa lalu, ia telah memberi pengunjung gambar yang menunjukkan seorang anak laki-laki Jepang yang membawa saudara laki-lakinya yang sudah meninggal setelah ledakan bom atom di Nagasaki pada tahun 1945.

Kim Phuc pindah ke Kanada setelah perang dan sekarang menjadi duta besar UNESCO. Ut pindah ke Los Angeles dan menjadi fotografer Hollywood. Dia dan Ut berada di Italia untuk pameran foto-fotonya yang disebut "Dari Neraka ke Hollywood." (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home