Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:06 WIB | Rabu, 19 April 2023

G-7 Bersatu Tidak Ada Impunitas Kejahatan Perang di Ukraina

G-7 juga akan tingkatkan sanksi pada Rusia dan lawan China yang ancam Taiwan.
Searah jarum jam dari kiri, Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly, Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Jepang, Yoshimasa Hayashi, Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, Menteri Luar Negeri Prancis, Catherine Colonna, Menteri Luar Negeri Italia, Antonio Tajani dan Wakil Sekretaris Jenderal Layanan Aksi Eksternal Eropa (EEAS), Enrique Mora, berpose untuk foto pada awal sesi kerja kelima Pertemuan Menteri Luar Negeri G7 di hotel Prince Karuizawa di Karuizawa, Jepang Selasa, 18 April 2023. (Foto: Yuichi Yamazaki/pool via AP)

KARUIZAWA, SATUHARAPAN.COM-Para diplomat top dari Kelompok Tujuh (G-7) negara demokrasi kaya berjanji akan bersatu melawan ancaman China terhadap Taiwan dan perang agresi Rusia di Ukraina, dengan mengatakan pada penutupan pertemuan mereka hari Selasa (18/4) bahwa mereka berkomitmen untuk meningkatkan dan menegakkan sanksi keras terhadap Moskow.

Komunike G-7 yang menjabarkan komitmen mereka juga mencakup kata-kata keras atas uji coba rudal Korea Utara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tetapi justru meningkatnya ketegasan China di Asia dan invasi Rusia ke Ukraina yang menyoroti pertemuan puncak tiga hari yang diselenggarakan oleh Jepang di kota resor mata air panas ini.

“Tidak boleh ada impunitas untuk kejahatan perang dan kekejaman lainnya seperti serangan Rusia terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil kritis,” kata para menteri.

“Kami tetap berkomitmen untuk mengintensifkan sanksi terhadap Rusia, mengoordinasikan dan menegakkannya sepenuhnya,” kata komunike itu, dan akan mendukung “selama yang diperlukan” Ukraina untuk mempertahankan diri.

Komunike para menteri luar negeri disiapkan sebagai template bagi para pemimpin global untuk digunakan pada KTT G-7 yang akan diadakan di Hiroshima bulan depan, dan termasuk bahasa tentang Iran, Myanmar, Afghanistan, proliferasi nuklir, dan “ancaman serius” lainnya.

Dua krisis menonjol dalam komunike itu adalah meningkatnya ancaman China dan manuver militer di sekitar Taiwan denganpemerintahan sendiri dan demokrasi, yang diklaim Beijing sebagai miliknya, dan invasi Rusia ke Ukraina. Serangan Rusia saat ini sebagian besar terhenti dan Ukraina sedang mempersiapkan serangan balasan, tetapi ada kekhawatiran global yang meluas tentang ancaman berulang pemimpin Rusia untuk menggunakan senjata nuklir taktis.

“Retorika nuklir Rusia yang tidak bertanggung jawab dan ancamannya untuk menyebarkan senjata nuklir di Belarusia tidak dapat diterima,” kata para menteri.

Masalah China dan Taiwan

Utusan G-7 dari Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, Italia, dan Uni Eropa telah menggarisbawahi bahwa pertemuan mereka di Karuizawa menandai momen penting dalam tanggapan dunia terhadapdua krisis agresi Rusia dan China, yang dipandang sebagai tantangan terhadap tatanan internasional berbasis aturan pasca Perang Dunia II. Upaya global untuk menghadapi masalah di PBB telah dihalangi oleh sikap keras kepala China dan Rusia di Dewan Keamanan.

Para pemimpin dan menteri luar negeri negara-negara G-7, baru-baru ini Prancis dan Jerman, menyelesaikan kunjungan ke China, dan ada kekhawatiran yang berkembang setelah China baru-baru ini mengirim pesawat dan kapal untuk mensimulasikan pengepungan Taiwan. Beijing juga dengan cepat menambahkan hulu ledak nuklir, mengambil garis keras pada klaimnya atas Laut Cina Selatan dan menggambarkan skenario konfrontasi yang akan datang.

Para menteri G-7 mengatakan bahwa perdamaian dan stabilitas antara China dan Taiwan di Selat Taiwan adalah “elemen yang sangat diperlukan dalam keamanan dan kemakmuran masyarakat internasional,” dan mereka menyerukan “penyelesaian damai untuk masalah lintas-Selat.”

Di Taiwan, “ada kebulatan suara yang jelas dalam pendekatan yang kami ambil,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken kepada wartawan tentang pembicaraannya dengan menteri lain di Karuizawa.

“Apa yang saya dengar adalah konvergensi yang luar biasa terkait kekhawatiran terkait (China) dan apa yang kami lakukan untuk mengatasi kekhawatiran tersebut,” katanya.

Pada diskusi yang terhenti dengan China, Blinken mengatakan Amerika Serikat mengutamakan menjaga saluran komunikasi tetap terbuka seperti yang disetujui oleh Presiden Joe Biden dan pemimpin China Xi Jinping tahun lalu.

“Harapan saya adalah bahwa kita akan dapat bergerak maju, tetapi itu membutuhkan China untuk menjelaskan niatnya sendiri dalam melakukan itu,” kata Blinken.

Komunike tersebut juga mendesak China untuk “menahan diri dari ancaman, paksaan, intimidasi atau penggunaan kekerasan. Kami tetap sangat prihatin dengan situasi di Laut Cina Timur dan Selatan. ... Tidak ada dasar hukum untuk klaim maritim China yang luas di Laut China Selatan, dan kami menentang aktivitas militerisasi China di wilayah tersebut.”

Di Beijing, Menteri Luar Negeri China, Wang Wenbin, mengatakan G-7 telah "sangat mencampuri urusan dalam negeri China dan dengan jahat memfitnah dan mencoreng China."

Dia mengatakan komunike itu “penuh dengan arogansi, prasangka, dan niat jahat terhadap China. Kami sangat menentang dan menyesalkan hal ini dan telah mengajukan keluhan serius kepada pihak Jepang, negara tuan rumah pertemuan tersebut.”

Tentang Nuklir Korea Utara

Terlepas dari indikasi, terutama komentar dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron, bahwa G-7 terpecah atas China, para pejabat AS mengatakan di Karuizawa bahwa ada kekhawatiran bersama di antara negara-negara G-7 atas tindakan China, dan keinginan untuk melanjutkan pendekatan terkoordinasi pada bekerja dengan Beijing bahkan ketika negara-negara menghadapi paksaan China dan upaya untuk mempermudah atau menghindari aturan internasional tentang perdagangan dan perdagangan.

Kekhawatiran Jepang tentang China terlihat dari upayanya untuk membuat terobosan besar dari prinsip-prinsip hanya pertahanan diri pasca Perang Dunia II, yang mencakup pekerjaan untuk memperoleh kemampuan serangan pendahuluan dan rudal jelajah.

“Untuk pertama kalinya sebagai G-7, kami mencatat dalam sebuah pernyataan komitmen kami terhadap tatanan internasional yang berbasis aturan, bebas dan terbuka dan keberatan kami yang kuat terhadap upaya sepihak untuk mengubah status quo di mana pun di dunia,” kata Menlu Jepang, Yoshimasa Hayashi, mengatakan kepada wartawan.

Ia mengatakan bahwa Jepang, sebagai satu-satunya anggota G-7 di Asia, membawa fokus ke kawasan Indo-Pasifik.

Selain China, kekhawatiran utama adalah Korea Utara, yang sejak awal tahun lalu telah melakukan uji coba menembakkan sekitar 100 rudal, termasuk rudal balistik antar benua yang menunjukkan potensi mencapai daratan AS dan berbagai senjata jarak pendek lainnya yang mengancam Korea Selatan dan Jepang.

“Kami menuntut Korea Utara menahan diri dari tindakan destabilisasi atau provokatif lainnya, termasuk uji coba nuklir lebih lanjut atau peluncuran yang menggunakan teknologi rudal balistik,” kata komunike itu, menambahkan bahwa tindakan di masa depan “harus ditanggapi dengan respons internasional yang cepat, bersatu, dan kuat, termasuk langkah-langkah signifikan lebih lanjut yang akan diambil oleh Dewan Keamanan PBB.”

“Sangat penting bahwa sanksi diterapkan sepenuhnya dan hati-hati oleh semua negara dan tetap berlaku selama WMD (senjata pemusnah massal) Korea Utara dan program rudal balistik ada,” kata para menteri. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home