Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 23:11 WIB | Jumat, 27 Maret 2020

G20 Sepakat Gelontorkan US$ 5 Triliun Atasi Dampak Pandemi

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, duduk di kediaman, Downing Street 10, London, Inggris pada Kamis (26/3) ketika mengikuti konferensi video dengan para pemimpin G20 lainnya tentang respons terhadap wabah virus corona. (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Para pemimpin negara-negara Kelompok 20 (G20) berjanji menyuntikkan lebih dari US$ 5 triliun ke dalam ekonomi global untuk membatasi kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat pandemi virus corona dan "melakukan apa pun untuk mengatasinya."

Para pemimpin mengatakan mereka berkomitmen dalam konferensi video untuk mengimplementasikan dan mendanai semua tindakan kesehatan yang diperlukan untuk menghentikan penyebaran virus.

"G20 berkomitmen untuk melakukan apa pun untuk mengatasi pandemi," bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan lembaga internasional lainnya, kata mereka.

Pernyataan mereka pada hari Kamis (26/3) itu menunjukkan bahasa yang paling mendamaikan dalam KTT G20.

KTT juga menyerukan diakhirinya larangan ekspor yang telah diberlakukan banyak negara untuk pasokan medis. Para pemimpin G20 mengatakan tanggapan mereka harus dikoordinasikan untuk menghindari campur tangan yang tidak perlu. “Tindakan darurat yang bertujuan melindungi kesehatan akan ditargetkan, dilakukan secara proporsional, transparan, dan bersifat sementara,” kata mereka.

G20 juga prihatin tentang risiko yang dihadapi negara-negara rapuh, terutama di Afrika, dan populasi seperti pengungsi, dan mengakui perlunya meningkatkan jaring pengaman keuangan global dan sistem kesehatan nasional. "Kami sangat berkomitmen untuk menghadirkan front persatuan melawan ancaman bersama ini," para pemimpin G20 dalam pernyataan mereka.

Suntikkan dana lebih dari US$ 5 triliun ke dalam ekonomi global merupakan bagian dari kebijakan fiskal, langkah-langkah ekonomi dan skema jaminan" untuk menekan dampak ekonomi akibat pandemi. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home