Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:23 WIB | Selasa, 05 Juli 2022

G7: “Tidak Menyerah dan Lelah” Dukung Ukraina Hadapi Invasi Rusia

Pemimpin Kelompok Tujuh (G7) berkumpul untuk acara makan malam di Kastil Elmau di Kruen, dekat Garmisch-Partenkirchen, Jerman, pada hari Minggu, 26 Juni 2022. Kelompok Tujuh kekuatan ekonomi terkemuka bertemu di Jerman untuk pertemuan tahunan mereka dari Minggu hingga Selasa. Searah jarum jam dari kiri depan, Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, Kanselir Jerman, Olaf Scholz, Presiden AS, Joe Biden, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida dan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen. (Foto: AP/Markus Schreiber/pool)

ELMAU, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan sekutu Barat membuka pertemuan puncak tiga hari di Pegunungan Alpen Bavaria pada hari Minggu (26/6) dengan maksud untuk mencegah kejatuhan ekonomi dari perang di Ukraina agar tidak memecah koalisi global yang bekerja untuk menghukum agresi Rusia. 

Perdana Menteri, Boris Johnson, memperingatkan para pemimpin G7 untuk tidak menyerah pada "kelelahan" bahkan ketika Rusia meluncurkan rudal baru ke Kiev.

Para pemimpin Kelompok Tujuh akan mengumumkan larangan baru atas impor emas Rusia, yang terbaru dari serangkaian sanksi yang diperkirakan klub demokrasi itu akan semakin mengisolasi Rusia secara ekonomi. Mereka juga melihat kemungkinan batas harga energi yang dimaksudkan untuk membatasi keuntungan minyak dan gas Rusia yang dapat dipompa Moskow ke dalam upaya perangnya.

Terhadap Pengaruh China

Dan menindaklanjuti proposal dari KTT G7 tahun lalu, Biden secara resmi meluncurkan kemitraan infrastruktur global yang dirancang untuk melawan pengaruh China di negara berkembang. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan US$ 600 miliar dengan sesama negara G7 pada tahun 2027 untuk proyek infrastruktur global. Sekitar US$ 200 miliar akan datang dari Amerika Serikat, kata Biden.

Para pejabat AS telah lama berargumen bahwa prakarsa infrastruktur China menjebak negara-negara penerima utang dan bahwa investasi itu lebih menguntungkan China daripada tuan rumah mereka.

Dalam unjuk kekuatan pra KTT, Rusia meluncurkan serangan rudal pertamanya terhadap ibu kota Ukraina dalam tiga pekan, menyerang setidaknya dua bangunan tempat tinggal, menurut Walikota Kiev, Vitali Klitschko.

Biden mengutuk tindakan Rusia sebagai "lebih dari barbarisme mereka," dan menekankan bahwa sekutu harus tetap teguh bahkan ketika gema ekonomi dari perang berdampak pada inflasi, kekurangan pangan, dan banyak lagi di seluruh dunia.

“Kita harus tetap bersama, karena Putin telah mengandalkan, sejak awal, bahwa entah bagaimana NATO dan G7 akan terpecah, tetapi kita belum dan kita tidak akan melakukannya,” kata Biden dalam pertemuan dengan Kanselir Jerman, Olaf Scholz, yang memegang jabatan presiden bergilir G7 dan menjadi tuan rumah pertemuan itu.

Saat para pemimpin G7 duduk untuk sesi pembukaan, mereka menyerang Putin dengan hati-hati. Johnson terdengar bertanya apakah dia harus tetap mengenakan jaketnya, dan menambahkan, "Kita semua harus menunjukkan bahwa kita lebih tangguh daripada Putin." Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menimpali: "Menunggang kuda bertelanjang dada."

Selama bertahun-tahun, Kremlin telah merilis beberapa foto pemimpin Rusia di mana ia tampak bertelanjang dada.

Biden dan rekan-rekannya menggunakan pertemuan itu untuk membahas bagaimana mengamankan pasokan energi dan mengatasi inflasi yang dipicu oleh dampak perang.

Dukungan untuk Ukraina

Para pemimpin juga berkumpul dalam kemitraan infrastruktur global baru yang dimaksudkan untuk memberikan alternatif bagi investasi Rusia dan China di negara berkembang. Satu per satu, para pemimpin naik ke mikrofon untuk membahas kemitraan dan peran mereka di dalamnya, tanpa menyebut nama China.

Ukraina membayangi pertemuan itu, tetapi para pemimpin bertekad untuk memproyeksikan tekad.

Scholz mengatakan kepada Biden bahwa semua sekutu berhasil "tetap bersatu, yang jelas tidak pernah diharapkan Putin." Biden mengatakan tentang perang Putin: “Kita tidak bisa membiarkan agresi ini mengambil bentuknya dan lolos begitu saja.”

Scholz, yang telah menghadapi kritik di dalam dan luar negeri karena dianggap enggan mengirim senjata berat ke Ukraina, mengatakan, “Jerman dan AS akan selalu bertindak bersama ketika menyangkut masalah keamanan Ukraina.”

Boris Johnson, pada gilirannya, mendesak sesama pemimpin untuk tidak menyerah pada "kelelahan." Dia telah menyatakan keprihatinan bahwa perpecahan mungkin muncul dalam aliansi pro Ukraina saat perang empat bulan berlanjut.

Ditanya apakah menurutnya Prancis dan Jerman sudah melakukan cukup, Johnson memuji "langkah besar" yang dibuat oleh Jerman untuk mempersenjatai Ukraina dan memotong impor gas Rusia. Dia tidak menyebut Prancis.

Biden dan Scholz, dalam pertemuan pra KTT mereka, menyepakati perlunya negosiasi untuk mengakhiri perang Ukraina, tetapi tidak membahas secara spesifik tentang bagaimana mencapainya, kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden, yang meminta anonimitas untuk mengungkapkan rincian dari percakapan pribadi.

Namun, mereka tidak merencanakan diskusi ekstensif tentang harga minyak atau inflasi, kata pejabat itu.

Para pemimpin lain menggemakan pujian Biden tentang persatuan koalisi. Kepala dewan pemerintahan Uni Eropa mengatakan blok 27 anggota mempertahankan "persatuan tak tergoyahkan" dalam mendukung Ukraina melawan invasi Rusia dengan uang dan dukungan politik, tetapi "Ukraina membutuhkan lebih banyak dan kami berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak."

Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, mengatakan pemerintah Uni Eropa siap untuk memasok "lebih banyak dukungan militer, lebih banyak sarana keuangan, dan lebih banyak dukungan politik" untuk memungkinkan Ukraina mempertahankan diri dan "mengurangi kemampuan Rusia untuk berperang."

Uni Eropa telah memberlakukan enam putaran sanksiterhadap Rusia, yang terbaru adalah larangan 90% impor minyak mentah Rusia pada akhir tahun. Langkah itu ditujukan untuk pilar keuangan Kremlin, pendapatan minyak dan gasnya.

Larangan Impor Emas Rusia

Biden dan para pemimpin Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Jepang, ditambah UE, menghabiskan hari Minggu dalam suasana formal dan informal membahas dampak perang terhadap ekonomi global, termasuk inflasi.

Biden mengatakan negara-negara G7, termasuk Amerika Serikat, akan melarang impor emas dari Rusia. Pengumuman resmi diperkirakan pada hari Selasa (28/6) saat para pemimpin mengakhiri pertemuan puncak tahunan mereka.

Johnson mengatakan larangan itu akan “secara langsung menghantam oligarki Rusia dan menyerang jantung mesin perang Putin.”

“Putin menyia-nyiakan sumber dayanya yang semakin berkurang untuk perang yang tidak berguna dan biadab ini. Dia membiayai egonya dengan mengorbankan rakyat Ukraina dan Rusia,” kata Johnson. “Kita perlu membuat rezim Putin kelaparan karena pendanaannya.”

Emas, dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi ekspor utama Rusia setelah energi, mencapai hampir US$19 miliar atau sekitar 5% dari ekspor emas global, pada tahun 2020, menurut Gedung Putih.

Dari ekspor emas Rusia, 90% dikirim ke negara-negara G7. Lebih dari 90% dari ekspor tersebut, atau hampir US$17 miliar, diekspor ke Inggris. Amerika Serikat mengimpor kurang dari US$ 200 juta emas dari Rusia pada 2019, dan di bawah US$1 juta pada 2020 dan 2021.

Mengenai gagasan batasan harga energi, Michel berkata, “kami ingin membahas detailnya, kami ingin menyempurnakan ... konsekuensi agunan” jika langkah tersebut diambil oleh kelompok. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home