Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:28 WIB | Selasa, 04 Januari 2022

Gedung Parlemen Afrika Selatan Kembali Terbakar

Asap mengepul dari Gedung Parlemen di Cape Town, Afrika Selatan, hari Senin, 3 Januari 2022 setelah api kembali menyala sore hari. Petugas pemadam kebakaran kembali berada di lokasi setelah kebakaran besar melanda kantor polisi sehari sebelumnya. (Foto: AP/Nardus Engelbrecht)

CAPE TOWN, SATUHARAPAN.COM-Api telah menghancurkan ruang utama Parlemen Afrika Selatan yang berkobar lagi Senin (3/1) sekitar 36 jam setelah kebakaran pertama di kompleks bangunan bersejarah berusia 130 tahun, kata pihak berwenang.

Petugas pemadam kebakaran telah dikirim kembali ke kantor parlemen di pusat kota Cape Town setelah api muncul kembali di atap gedung utama Parlemen pada sore hari. Lebih dari 30 petugas pemadam kebakaran berjuang melawan api lagi, kata juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Cape Town Jermaine Carelse kepada situs web News 24.

Sebelum api berkobar kembali, pihak berwenang mengatakan telah berhasil dipadamkan dan mulai menilai kerusakan. Kebakaran terjadi pada hari Minggu (2/1) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Yang masih misteri adalah peran seorang pria yang telah ditangkap dan sedang diinterogasi oleh polisi sehubungan dengan kebakaran. Pria itu akan muncul di pengadilan pada hari Selasa dan pihak berwenang tidak berkomentar lebih lanjut tentang keterlibatannya atau kemungkinan motif apa pun, selain mengatakan dia kemungkinan akan didakwa dengan melanggar dan masuk, pencurian dan pembakaran.

Pria itu juga menghadapi dakwaan di bawah Undang-undang Poin Kunci Nasional Afrika Selatan, undang-undang keamanan yang membatasi akses ke gedung-gedung pemerintah dan tempat-tempat penting nasional lainnya.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu ditangkap hari Minggu di tempat kejadian, kata pihak berwenang. Media Afrika Selatan melaporkan dia harus diselamatkan dari api, sementara pertanyaan telah diajukan jika ada serangan yang disengaja kantor demokrasi Afrika Selatan.

Parlemen ditutup untuk liburan dan tidak ada korban luka yang dilaporkan dalam kebakaran tersebut.

Kerusakan parah telah terjadi pada gedung-gedung megah berbata putih dan merah di kawasan Parlemen. Api telah menghanguskan ruangan di gedung Majelis Nasional tempat para legislator Afrika Selatan bertemu untuk mengesahkan undang-undang, kata Parlemen dalam sebuah pernyataan.

“Kami memang hancur,” kata Parlemen. “Kami berdiri di depan Parlemen yang rusak, Parlemen yang terbakar,” kata anggota parlemen Natasha Mazzone di gerbang kompleks sebelum api menyala kembali. “Lihatlah atap kami, atap kami yang indah, terbakar, runtuh.”

“Kamar Majelis Nasional benar-benar hancur. Saya telah melihatnya sendiri. Semuanya hancur. Ini akan membutuhkan operasi yang tidak ada duanya untuk membangun kembali,” katanya.

Dua bangunan lain juga rusak parah dalam kebakaran itu, kata Parlemen, termasuk gedung Parlemen asli yang dibangun pada tahun 1880-an dan telah melewati banyak sejarah kacau balau Afrika Selatan, termasuk kolonialisme Inggris dan rezim apartheid.

Parlemen Afrika Selatan pindah ke gedung Majelis Baru, dibangun dengan gaya gedung lama, pada 1980-an dan telah menjadi kursi legislatif nasional pada akhir penting apartheid dan transisi negara menuju demokrasi di bawah kepresidenan Nelson Mandela.

Petugas pemadam kebakaran telah bekerja di "titik api" di gedung Majelis Nasional pada hari Senin pagi, kata Carelse, tetapi sebagian besar dapat diatasi pada tahap itu dan petugas pemadam kebakaran telah dikurangi.

Saat api awalnya berhasil dikendalikan, apa yang tersisa menjadi hitam, reruntuhan yang tidak dapat dikenali di dalam beberapa ruangan. "Ini adalah hari yang sangat menyedihkan jika Anda adalah manusia normal, untuk berdiri di depan gedung ini dan menyadari apa yang telah hilang dari kita," kata anggota parlemen Mazzone.

Patricia de Lille, Menteri Pekerjaan Umum dan Prasarana, mengatakan bahwa seseorang telah mematikan katup yang membuat sistem penyiram api tidak berfungsi.

Dia mengatakan penyelidikan penyebab kebakaran telah diambil alih oleh Hawks, unit polisi Afrika Selatan yang menangani kejahatan serius dan tingkat tinggi. Laporan awal tentang kebakaran dari tim investigasi kebakaran khusus akan selesai pada hari Jumat, katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home