Loading...
OLAHRAGA
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 13:52 WIB | Selasa, 12 September 2023

Gelanggang Semangat Pemenang, Peserta Didik SMPK PENABUR Harapan Indah Raih Prestasi di Bidang Olahraga

Sarah, Valenzo, Jonathan, Evan, dan Obaja, Peraih Prestasi di Bidang Olahraga Berfoto Bersama Henoch, Ketua OSIS SMPK PENABUR Harapan Indah (Foto : BPKPENABURJakarta)

Jakarta, satuharapan.com, Masih dalam semangat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2023, kali ini para peserta didik SMPK PENABUR Harapan Indah berbagi kisah pencapaian mereka di cabang olahraga panahan, bulu tangkis, dan karate.

Mereka adalah Sarah Samantha, Valenzo Kenzie, Jonathan Marvel Sianturi, Evan Andana Christo, dan Obaja Hans Mulia Ernest Sihombing.

“Ketika bermain bulu tangkis, biasanya saya bermain tunggal. Namun, kali ini saya dan Jonathan harus bermain ganda, sehingga tantangan yang terbesar adalah pengaturan rotasi.” cerita Evan. Meskipun demikian, dalam 5 kali latihan saja, termasuk sparing dengan kakak kelas di jenjang SMA, komunikasi Evan dan Jonathan di lapangan pada saat bertanding terjalin dengan baik. Dan kekompakan itu menghantarkan mereka meraih posisi 8 besar di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional  (O2SN) bulu tangkis tingkat Kota Bekasi. 

Cerita berbeda datang dari Obaja yang mengikuti Piala Presiden Open Archery Competition Tahun 2023 di Bogor, Jawa Barat untuk Mix Team dan Single. Ia berhasil masuk sampai babak seper 16 kategori U15.

“Berawal dari liburan di Bogor ketika SD dan melihat ada panahan, saya mencoba, ternyata berhasil mencapai target. Akhirnya saya meminta orangtua untuk mengikuti klub panahan ketika kelas 7 dan ekstrakurikuler yang terbilang baru di sekolah. Dari situ saya belajar bagaimana mengatur tenaga dengan panahan yang memiliki massa. Saya juga mulai rajin berolahraga seperti angkat beban, jogging, dan lompat tali selama 4x seminggu agar berhasil memegang panahan dengan baik.” ujar Obaja.

Sarah dan Valenzo yang berpartisipasi dalam O2SN Karate membagikan tips bagi peserta didik yang tertarik untuk menekuni olahraga.

“Ketika pertama kali latihan karate kerap kali ada rasa malas yang muncul karena terlihat gitu-gitu saja. Namun, jika terus dilatih maka potensi yang sebenarnya dalam diri kita itu akan keluar. Lalu, jangan sombong dan saat menghadapi lawan main, fisik serta mental kita juga semakin terlatih.” tutur Sarah dan Valenzo yang menyukai karate bermula dari orangtua dan menonton film, lalu mulai menggeluti nya  sejak SD.

Dalam menggeluti olahraga, Jonathan juga berpesan kepada para peserta didik yang ingin menekuni suatu cabang olahraga tertentu untuk jangan mudah menyerah, “Harus tekun dan sering latihan, karena walaupun jago tapi jarang latihan kemampuan akan menurun. Jadi, teruslah mencoba dan tetap semangat.” tutur Jonathan yang mulai tertarik dengan badminton dari menonton pertandingan di televisi. Menurutnya pada saat bertanding di lapangan diperlukan pengambilan keputusan yang cepat tanpa ragu, kontrol emosi, dan kerja sama yang baik, sehingga berhasil mencetak lebih banyak poin.

Sejalan dengan tema Haornas 2023 “Gelanggang Semangat Pemenang” yang bermakna semangat kompetitif dan tekad kuat meraih kemenangan, juga pentingnya sportivitas dalam olahraga, SMPK PENABUR Harapan Indah menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung peserta didik yang memiliki ketertarikan di bidang olahraga, lewat ekstrakurikuler panahan, karate, bulu tangkis, floorball, basket dan sepak bola.

“Kami juga menyediakan berbagai program untuk meningkatkan kecintaan dan kemampuan teman-teman di bidang olahraga melalui class meeting yang diadakan 4 kali dalam 1 tahun ajaran, yakni pada saat Hari Kartini, HUT RI, Sumpah Pemuda, dan Natal.” ungkap Henoch Matthew Sidabutar, Ketua OSIS SMPK PENABUR Harapan Indah yang juga berpartisipasi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2023 bidang IPS.

 

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home