Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:42 WIB | Jumat, 05 Juni 2015

Gempa 6.0 SR Guncang Sabah, Malaysia

Sebuah foto yang beredar luas menunjukkan panel kaca yang hancur akibat guncangan gempa di sebuah bank lokal di Ranau, dekat pusat gempa. (Foto: dari themalaymailonline)

SABAH, SATUHARAPAN.COM – Sebuah gempa berkekuatan 6.0 skala richter mengguncang negara bagian Sabah, Malaysia, hari Jumat (5/6) pagi, menurut Survei Geologi Amerika Serikat. Namun sejauh ini tidak ada laporan tentang korban dan tidak ada peringatan kemungkinan terjadinya tsunami.

Negara bagian Sabah terletak di Pulau Kalimantan (Borneo). Menurut US Geological Survey, gempa bumi terjadi pada kedalaman 10 kilometer, dengan pusat gempa terletak pada 19 kilometer (12 mil) dari kota Ranau, dan sekitar 54 kilometer dari ibu kota negara bagian Sabah, Kota Kinabalu.

Gempa bumi besar jarang terjadi di Malaysia, karena wilayah itu terletak di luar Ring of Fire, yang dikenal sebagai sabuk aktivitas seismik yang membentang sekitar cekungan Pasifik.

menurut kantor berita AFP, warga Malaysia pengguna media sosial untuk mengunggah foto-foto yang menunjukkan jalan yang rusak, etalase jendela hancur dan dinding serta lantai yang retak di Sabah.

Namun sejauh ini tapi tidak ada laporan awal tentang kerusakan besar.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home