Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:28 WIB | Jumat, 15 Januari 2021

Gempa 6,2 Guncang Mamuju dan Majene, Sejumlah Bangunan Dilaporkan Rusak

Sehari sebelumnya di kawasan itu terjadi gempa bumi berkekuatan 5,9
Gempa 6,2 Guncang Mamuju dan  Majene, Sejumlah Bangunan Dilaporkan Rusak
Sebuah rumah di Mamuju, Sulawesi Barat, yang rusak akibat gempa pertama pada hari Kamis (14/1). (Foto: BPBD Majene)
Gempa 6,2 Guncang Mamuju dan  Majene, Sejumlah Bangunan Dilaporkan Rusak
Peta lokasi pusat gempa bumi berkekuatan 6,2 pada hari Jumat (15/1) di dekat Mamuju dan Majene. (Foto: BMKG).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi berkekuatan 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Selatan, hari Jumat (15/1) pukul 01:28 WIB (waktu Indonesia barat) menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Getaran akibat gempa itu dirasakan di Mamuju, Sulawesi Barat, Makassar, dan Palu. Di Majene getaranya tercatat hingga skala IV dan V, dan juga dirasakan hingga ke Mamuju di Sulawesi Barat. 

Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer di 2.98 Lintang Selatan dan 118.94 Bujur Timur, berada di darat sekitar enam kilometer dari Majene di aras timur laut.

Sejumlah laporan menyebutkan terjadinya kepanikan di antara warga, dan adanya kerusakan bangunan, namun sejauh ini belum ada laporan yang menyebutkan adanya korban jiwa.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana (Kapusdatinkom BNPB, Raditya jati, membenarkan ada informasi bahwa kantor gubernur Sulawesi Barat di Mamuju mengalami rusak, dikutip detik.com.

Laporan lain menyebutkan aliran listrik terputus, dan sejumlah bangunan di kota Mamuju, Sulawesi Barat mengalami kerusakan hingga ada yang ambruk.

Sehari sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,9 mengguncang Mamuju pada hari Kamis (14/1) pukul 13:35 WIB. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer di empat kilometer barat laut kota Mamuju.

Gempa hari Kamis dirasakan juga di Majene, Toraja, Mamasa, hingga Balikpapan.

BNPB menyebutkan tengah dilakukan pendataan akibat gempa bumi tersebut, baik kerusakan akibat gempa 5,9 pada hari Kamis (14/1) maupun gempa terbaru berkekuatan 6,2 pada hari Jumat (15/1) dini hari.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home