Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:10 WIB | Sabtu, 01 Mei 2021

Gempa 6,8 Guncang Pantai Timur Jepang

Peta lokasi pusat gempa. (Foto: volcanodiscovery.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter melanda pantai timur laut Jepang pada hari Sabtu (1/5) tetapi tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan, kata pihak berwenang Jepang dan Amerika Serikat, tanpa menyertakan laporan kerusakan.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa terjadi di kedalaman 47 kilometer (29 mil) di Pasifik, di lepas Ishinomaki, prefektur Miyagi, dekat pusat gempa besar 2011 yang memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 18.000 orang.

USGS dan badan meteorologi Jepang mengatakan tidak ada risiko tsunami setelah guncangan tersebut, yang menghasilkan guncangan kuat di sepanjang bagian pantai timur dan juga dirasakan di Tokyo.

Lembaga penyiaran publik Jepang, NHK, mengatakan belum ada laporan kerusakan.

Jepang terletak di "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Negara-negara di cicinin api itu sering dilanda gempa, dan Jepang memiliki peraturan konstruksi yang ketat yang dimaksudkan untuk memastikan bangunan dapat menahan getaran yang kuat. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home