Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:22 WIB | Minggu, 23 Mei 2021

Gempa Bumi 5,4 Guncang Kabupaten Pandeglang

Peta lokasi pusat gempa. (Foto: BMKG)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi berkekuatan 5,4 mengguncang Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, hari Minggu (23/5) pukul 10:50 WIB, menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Koordinat pusat gempa berada pada 6.54 Lintang Selatan dan 105.46 bujur timur, sekitar 18 kilometer dari Sumur, Provinsi Banten.

Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 10 kilometer, namun BMKG menyebutkan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Sejauh ini belum ada informasi tentang kerusakan akibat gempa itu. Dan menurut informasi Badan Nasional Penaggulangan Bencana, warga di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, merasakan getaran dalam beberapa detik.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang menginformasikan warganya merasakan guncangan dengan tingkat sedang. Durasi guncangan yang dirasakan berlangsung selama tiga hingga lima detik. BNPB juga menerima laporan dari BPBD Kota Serang yang menyebutkan warganya merasakan guncangan lemah selama dua hingga tiga detik.

BNPB menyebutkan Provinsi Banten termasuk wilayah dengan potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi, dan Kabupaten Pandeglang berada pada wilayah luas bahayanya tertinggi di antara kedelapan wilayah lain di Provinsi Banten.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home