Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Senin, 03 Mei 2021

Gempa Bumi 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai

Gempa Bumi 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai
Warga bersiaga usai merasakan guncangan gempabumi M 5,7 di Dusun Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, hari Senin (3/5). (Foto: BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai)
Gempa Bumi 5,7 Guncang Kepulauan Mentawai
Peta lokasi pusat gempa. (Foto: BMKG)

MENTAWAI, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi berkekuatan 5,7 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, hari Senin (3/5) dini hari, pukul 00:46, menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 29 kilometer, dan terletak 35 kilometer tenggara Tuapejat, di Pulau Sipora. Episenter itu berada pada koordinat 2.34 Lintang Selatan dan  99.66 Bujur Timur.

Getaran gempa dirasakan dalam skala IV di Tuapejat, II dan III di Padang, dan II di Bukittinggi, Indragiri Hilir, Pariaman, Payakumbuh, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, dan Sungai Penuh.

Sementara itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa sejumlah warga Dusun Mapadegat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, memilih mengungsi ke Gereja Piniel, menyusul gempa bumi tersebut.

Kepala Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Amir, melalui keterangan tertulis melaporkan bahwa warga juga masih dalam kondisi siaga hingga saat ini, setelah sebelumnya merasakan guncangan kuat gempa bumi selama 2-4 detik.

Saat ini, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai tengah melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan perangkat desa serta instansi terkait lainnya. Gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami, dan sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban jiwa.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home