Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:27 WIB | Sabtu, 10 Juli 2021

Gempa Bumi 6,2 Guncang Kepulauan Talaud

Peta lokasi pusat gempa. (Foro: BMKG)

TALAUD, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi berkekuatan 6,2 mengguncang Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada hari Sabtu (10/7) pukul 07:43 menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pusat gempa berada di laut 112 kilometer barat daya Melonuane. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer pada koordinat 2,99 Lintang Utara dan 126,63 Bujur Timur.

Getaran akibat gempa dirasakan pada skala III - IV di Sangihe, dan skala II di Tomohon, Bitung, dan Bolaang Mongondow Timur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat memantau warganya beraktivitas normal ketika gempa magnitudo 6,2 terjadi. Petugas BPBD setempat tak merasakan guncangan saat fenomena alam itu terjadi.

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB (badan Nasional Penanggulangan Bencana) menerima laporan gempa susulan dengan kekuatan M5,8. Gempa susulan yang terjadi pada pukul 07.51 WIB berada 113 km tenggara Kecamatan Melonguange. Pusat gempa yang berada di laut ini berkedalaman 10 km. Berdasarkan pemodelan, gempa tidak memicu tsunami.

Selang tujuh menit, gempa susulan kembali terjadi dengan M5,1. Pusat gempa berada pada 112 km barat daya Kecamatan Melonguane dengan kedalaman 34 km.

Pada gempa-gempa susulan ini, BPBD setempat melaporkan warganya tidak merasakan guncangan. Masyarakat tetap beraktivitas normal. BMKG melaporkan hingga pukul 08.25 WIB, lima kali aktivitas gempa susulan atau aftershock dengan magnitudo terkecil M3,6.

Dari hasil koordinasi dengan pihak kecamatan, guncangan gempa dirasakan lemah 3 hingga 5 detik di Kecamatan Salibabu. Menurut BPBD belum ada informasi dari pihak desa di kecamatan tersebut yang terdampak sejauh ini.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home