Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:32 WIB | Selasa, 18 Agustus 2020

Gempa Bumi 6,7 Melanda Manila Selasa Pagi

Peta Lokasi gempa hari SElasa (18/8) di Filipina. (Foto: Ist.)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi kuat dengan magnitudo awal 6,7 telah melanda wilayah dekat pantai Provinsi Samar di Filipina, kata ahli gempa. Guncangan dirasakan secara luas tetapi tidak ada laporan tentang korban jiwa.

Gempa terjadi pada pukul 8:03 waktu setempat pada hari Selasa (18/8), berpusat di dekat Tagapul-an di Laut Samar, sekitar 52 kilometer barat laut Kota Calbayog dan 60 kilometer tenggara Kota Masbate, menurut laporan bnonews.com.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mengatakan gempa itu memiliki kekuatan awal 6,7. Gempa itu melanda sekitar 10 kilometer di bawah dasar laut, yang menjadikannya gempa yang sangat dangkal.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (PHIVOLCS) menyatakan kekuatan gempa 6,5, tetapi mengatakan kedalamannya hanya satu kilometer. Dikatakan kerusakan dan gempa susulan mungkin terjadi.

Sementara itu BMKG (Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika) Indonsia menyebutkan kekuaran gempa 6.9 dengan kedalaman 13 kilometer dab berada di 12.02 Lintang Utara dan 124.19 Bujur Timur, 456 kilometer dari ibu kota Manila. Gempa terjadi pada pukul 07:03 WIB.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home