Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:32 WIB | Senin, 01 Maret 2021

Gempa Dangkal Menggungcang Labuha, Halmahera Selatan

BNPB: ratusan rumah rusak ringan akibat gempa 5,2 sebelumnya di Halmahera Selatan.
Peta lokasi pusat gempa. (Foto: BMKG)

LABUHA, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi dangkal berkekuatan 2,7  menguncang Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara hari Senin (1/3) dini hari pukul 02:00 WIB, menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelumnya terjadi gempa 5,2 pada hari Jumat (26/2) di wilayah tersebut yang menimbulkan kerusakan, meskipun ringan, namun ada sedikitnya 60 rumah yang mengalami kerusakan.

Pusat gempa (episenter) gempa kali ini berada pada kedalaman dua kilometer, dan berada di darat pada posisi 0.64 Lintang Selatan dan 127.54 Bujur  Timut. Ini terletak sekitar lima kilometer timur laut Labuha. Getaran gempa diarasakan pada skala II di Labuha.

Menurut informasi dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) ada enam kecamatan di Kabupaten Halmahera Selatan yang terdampak gempa M5,2, namun tidak ada korban jiwa.

Data BNPB hari Minggu (28/2) menyebutkan dampak gempa terjadi di Kecamatan Bacan, Bacan Selatan, Bacan Barat, Bacan Timur, Bacan Barat Utara dan Bacan Timur Tengah. Rumah yang rusak telah teridentifikasi namun belum terklasifikasi tingkat kerusakan. Jumlah kerusakan rumah warga terbanyak berada di Kecamatan Bacan sebanyak 224 unit, Bacan Selatan 127, Bacan Timur 47, Bacan Barat Utara 11, Bacan Timur Selatan sembilan dan Bacan Timur Tengah Sembilan.

Fasilitas publik yang juga rusak termasuk enam sarana ibadah dan satu fasilitas kesehatan. Selain itu ada 10 orang korban luka-luka, namun ringan.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home