Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 23:19 WIB | Senin, 26 Juli 2021

Gempa M 6,5 di Tojo Una-Una, Warga Mengungsi ke Gunung

Tangkapan layar sejumlah warga berlarian ke jalan untuk menyelamatkan diri usai gempa magnitudo 6,5 mengguncang Kabupaten Tojo Una-Una pada Senin malam (26/7) pukul 20.09 WITA.

PALU, SATUHARAPAN.COM - Warga Kabupaten Tojo Una-Una (Touna), Sulawesi Tengah saat ini mengungsi ke gunung pascagempa dengan magnitudo 6,5 yang mengguncang daerah itu pada Senin (26/7) malam pukul 20.09 WITA.

Husnul, warga Kecamatan Ampana Kota menerangkan saat ini ia bersama anggota keluarganya mengungsi ke pegunungan karena khawatir terjadi gempa susulan yang magnitudonya lebih besar dan memunculkan tsunami.

"Awalnya saya dengan keluarga masih bertahan di rumah, tapi banyak warga yang menyuruh supaya mengungsi ke atas karena khawatir air laut naik sehingga kami panik dan memutuskan mengungsi ke gunung," katanya saat dihubungi ANTARA melalui sambungan telepon di Kota Palu, Senin (26/7) malam.

Ia menyatakan warga terutama yang tinggal di pesisir pantai sudah berduyun-duyun mengungsi ke gunung dan meninggalkan rumahnya hingga kondisi Touna pasca gempa diyakini benar-benar aman dan tidak akan dilanda tsunami.

"Listrik di sini sekarang padam. Saat gempa terjadi listrik langsung padam," ucapnya.

Sementara itu warga Ampana Kota lainnya, Farwa menyatakan kondisi internet di Touna juga masih terganggu dan belum stabil dampak guncangan gempa.

"Jaringan internet di Ampana Kota tidak stabil. Listrik mati. Mohon doanya semoga selalu dalam penjagaan Allah SWT,"ujarnya.

Sementara itu berdasarkan laporan awal Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Touna, gempa dengan magnitudo 6,5 terasa antara 3 hingga 5 detik.

"Warga panik kemudian keluar rumah. Belum ada laporan kerusakan. BPBD Touna masih melakukan pemantauan," kata Kepala Bidang 2 BPBD Touna Mastin Monoarfa.


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home