Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:58 WIB | Sabtu, 16 Januari 2021

Gempa Susulan Berkekuatan 5,0 Terjadi di Majene

Peta lokasi pusat gempa susulan di Majene, hari Sabtu (16/1) pukul 06:32 WIB. (Foto: BMKG)

MAJENE, SATUHARAPAN.COM-Gempa susulan terjadi di wilayah Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat, dengan kekuatan M 5,0, hari Sabtu (16/1) pukul 06:32 WIB, menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Getaran gempa bumi ini dirasakan di Majene dalam skala III MMI dan berdasarkan permodelan tidak berpotensi tsunami.

Sejauh ini BPBD Kabupaten Majene menginformasikan belum ada laporan terkait dampak gempa susulan yang berpusat di darat pada 20 kilometer timur laut kota Majene, dan pada kedalaman 10 kilometer.

BMKG memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi. Untuk itu BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan yang berkekuatan signifikan. 

BNPB, di situs webnya, juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu. Selain itu, mereka yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan untuk selalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan.

Selain itu, warga masyarakat diminta mengikuti informasi resmi dan tidak mudah percaya dengan segala informasi yang belum jelas sumbernya. Masyarakat juga diimbau untuk tidak percaya berita bohong atauhoaxmengenai prediksi dan ramalan gempa bumi yang akan terjadi dengan kekuatan lebih besar dan akan terjadi tsunami.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home