Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:01 WIB | Rabu, 19 April 2023

Gencatan Senjata di Sudan Terganggu Oleh Tembakan di Ibu Kota Khartoum

Asap mengepul dari landasan Bandara Internasional Khartoum saat api membakar, di Khartoum, Sudan 17 April 2023 dalam tangkapan layar ini diperoleh dari video media sosial. (Foto: Reuters)

KHARTOUM, SATUHARAPAN.COM-Gencatan senjata 24 jam yang disepakati antara faksi-faksi militer Sudan yang bersaing dengan cepat terganggu oleh tembakan baru di wilayah ibu kota Khartoum pada hari Selasa (18/4), meskipun ada tekanan Amerika Serikat untuk menenangkan pertempuran yang telah memicu krisis kemanusiaan.

Tembakan senjata berat bergema di latar belakang siaran langsung oleh saluran berita televisi Arab dan penduduk mengatakan bahwa penembakan belum berhenti, dengan satu mengatakan mereka telah mendengar serangan udara dilakukan di Omdurman, kota saudara Khartoum di seberang tepi sungai Nil.

Konflik antara pemimpin militer Sudan dan wakilnya pecah empat hari lalu, memicu apa yang digambarkan oleh PBB sebagai bencana kemanusiaan, termasuk hampir runtuhnya sistem kesehatan. Setidaknya 185 orang tewas dalam pertempuran di seluruh negeri.

Gencatan senjata yang secara resmi berlaku pada pukul 18:00 sore. (16:00 GMT) tidak akan melampaui waktu 24 jam yang disepakati, Jenderal Angkatan Darat, Shams El Din Kabbashi, seorang anggota dewan militer yang berkuasa di Sudan, mengatakan sebelumnya di TV al Arabiya.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, berbicara di Jepang, mengatakan pada hari Selasa bahwa dia telah menelepon panglima militer Jenderal Abdel Fattah al-Burhan dan pemimpin paramiliter Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, dari Pasukan Dukungan Cepat (RSF), meminta gencatan senjata 24 jam “untuk memungkinkan orang Sudan bersatu kembali dengan aman dengan keluarga” dan memberi mereka bantuan.

Pertempuran tampaknya mereda mendekati tenggat waktu gencatan senjata, yang bertepatan dengan berbuka puasa setiap hari selama bulan Ramadhan, tetapi tembakan senjata berat bergema di sekitar wilayah ibu kota setelah pukul 18:00 sore.

Seorang reporter Reuters di Khartoum mengatakan dia mendengar tank menembak setelah gencatan senjata akan dimulai.

Sumber penembakan tidak jelas, meskipun RSF menuduh militer melanggar gencatan senjata dalam waktu 15 menit sejak diberlakukan.

Pesawat Tempur dan Ledakan

Sebelumnya pada hari itu suara pesawat tempur dan ledakan menggema di seluruh Khartoum. Penduduk di kota tetangga Omdurman dan Bahri melaporkan serangan udara yang mengguncang bangunan dan tembakan anti pesawat. Pertempuran juga berkecamuk di bagian barat negara itu, kata PBB.

Dalam sebuah video yang diverifikasi oleh Reuters, pejuang RSF terlihat di dalam bagian markas tentara di Khartoum. Para pejuang tampaknya tidak menguasai lokasi yang luas itu, kata seorang wartawan Reuters di ibu kota.

Burhan mengepalai dewan penguasa yang dibentuk setelah kudeta militer tahun 2021 dan penggulingan presiden otokratis Omar Bashir tahun 2019 selama protes massal. Hemedti adalah wakil Burhan di dewan penguasa.

Perebutan kekuasaan mereka telah menggagalkan rencana yang didukung secara internasional untuk beralih ke pemerintahan demokratis sipil setelah puluhan tahun pemerintahan otokrasi dan kontrol militer di Sudan, yang berada di persimpangan strategis antara Mesir, Arab Saudi, Ethiopia, dan wilayah Sahel Afrika yang bergejolak.

Kecuali dikendalikan, kekerasan juga berisiko menarik aktor dari lingkungan Sudan yang telah mendukung faksi yang berbeda, dan dapat memperebutkan pengaruh regional antara Rusia dan Amerika Serikat. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home