Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:07 WIB | Rabu, 16 Maret 2022

Gerakan Pasukan Rusia Terhambat, Negosiasi dengan Ukraina Terus Dilakukan

Namun Rusia terus membombardir kota-kota di Ukraina.
Gerakan Pasukan Rusia Terhambat, Negosiasi dengan Ukraina Terus Dilakukan
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di luar sebuah apartemen setelah serangan roket Rusia di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, Ukraina, Senin, 14 Maret 2022. (Foto: AP/Pavel Dorogoy)
Gerakan Pasukan Rusia Terhambat, Negosiasi dengan Ukraina Terus Dilakukan
Foto dari Kantor Pers Kepresidenan Ukraina, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berbicara selama pertemuan dengan Perdana Menteri Slovenia, Janez Jansa, Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala, Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki, dan Wakil Perdana Menteri Polandia, Jaroslaw Kaczynski, atas nama Dewan Eropa, di Kiev, Ukraina, pada Selasa, 15 Maret 2022. (Foto: via AP)

KEIV, SATUHARAPAN.COM-Gerakan pasukan militer Rusia ke wilayah ibu kota Ukraina dan kota-kota besar lainnya pada Rabu (16/3) terhambat, ketika mereka mencoba untuk menghancurkan pertahanan Ukraina yang telah menggagalkan kemajuan mereka hampir tiga pekan setelah invasi. Namun kedua negara mengisyaratkan beberapa optimisme untuk negosiasi untuk mengakhiri perang.

Dengan serangan Rusia di Kiev terhenti meskipun pemboman terus berkelanjutan, pernyataan dari kedua belah pihak menyarankan ruang bagi pembicaraan mereka untuk membuat kemajuan. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, mengatakan status militer netral untuk Ukraina sedang "dibahas secara serius" pada pembicaraan, sementara Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menggambarkan tuntutan Rusia untuk mengakhiri perang sebagai "lebih realistis."

Zelenskyy mengatakan pasukan Rusia tidak dapat bergerak lebih dalam ke wilayah Ukraina tetapi terus melakukan pengeboman besar-besaran di kota-kota. Penduduk Kiev berkerumun di rumah-rumah dan tempat-tempat penampungan di tengah jam malam di seluruh kota yang berlangsung hingga Rabu  pagi, ketika Rusia menghujani daerah-daerah di dalam dan sekitar kota. Sebuah gedung apartemen 12 lantai di pusat Kiev terbakar setelah terkena pecahan peluru.

“Upaya masih diperlukan, kesabaran dibutuhkan,” kata Zelenskyy dalam pidato video malamnya kepada bangsa. “Perang apa pun berakhir dengan kesepakatan.”

Penilaian intelijen Inggris dan Amerika Serikat mendukung pandangan pemimpin Ukraina tentang pertempuran itu, dengan mengatakan pasukan darat Rusia tetap berada sekitar 15 kilometer dari pusat Kiev.

Harapan untuk kemajuan diplomatik meningkat setelah Zelenskyy mengatakan pada hari Selasa bahwa Ukraina menyadari bahwa mereka tidak dapat bergabung dengan NATO, pengakuannya yang paling eksplisit bahwa tujuannya, yang diabadikan dalam Konstitusi Ukraina, tidak mungkin tercapai. Presiden Rusia Vladimir Putin telah lama menggambarkan aspirasi NATO Ukraina sebagai ancaman bagi Rusia, sesuatu yang sebenarnya disangkal oleh aliansi militer Barat.

Lavrov menyambut baik komentar Zelenskyy dan mengatakan "semangat bisnis" yang mulai muncul dalam pembicaraan "memberikan harapan bahwa kita dapat menyetujui masalah ini."

“Status netral sedang dibahas secara serius sehubungan dengan jaminan keamanan,” kata Lavrov pada hari Rabu (16/3) di saluran Rusia RBK TV. “Ada formulasi konkret yang menurut saya hampir disepakati.”

Kepala perunding Rusia, Vladimir Medinsky, mengatakan kedua pihak sedang mendiskusikan kemungkinan ide kompromi untuk masa depan Ukraina dengan militer non-blok yang lebih kecil.

Namun, prospek terobosan diplomatik sangat tidak pasti, dengan jurang pemisah antara permintaan Ukraina agar pasukan penyerang mundur sepenuhnya dan dugaan tujuan perang Rusia untuk menggantikan pemerintah Kiev yang berwawasan ke Barat dengan kepemimpinan pro Moskow.

Ukraina Perlu Sekutu Kuat

Penasihat presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, membantah klaim Rusia tentang Ukraina terbuka untuk mengadopsi model netralitas yang sebanding dengan Swedia atau Austria. Podolyak mengatakan di Telegram bahwa Ukraina membutuhkan sekutu yang kuat dan “jaminan keamanan yang jelas” untuk menjaganya tetap aman.

Tidak ada prospek segera untuk mengakhiri pertempuran yang telah menjungkirbalikkan tatanan keamanan Eropa pasca Perang Dingin, mengusir jutaan orang dari rumah mereka di Ukraina dan mengubah sebagian besar negara itu menjadi zona perang.

PBB mengatakan jumlah orang yang melarikan diri dari Ukraina di tengah pertempuran terberat di Eropa sejak Perang Dunia II telah melewati tiga juta. Badan hak asasi manusia PBB mengatakan 691 warga sipil telah tewas dan 1.143 terluka, tetapi mengakui jumlah itu kemungkinan kecil.

Zelenskyy sedang bersiap untuk mengajukan permohonan langsung untuk bantuan lebih banyak pada hari Rabu dalam pidato langka oleh seorang pemimpin asing di Kongres AS, dengan Presiden Joe Biden akan mengumumkan US$ 800 juta dalam bantuan militer baru ke Ukraina, menurut seorang pejabat Gedung Putih.

Rusia Intesifkan Pemboman ke Kiev

Sementara membuat kemajuan terbatas dalam mendapatkan tanah di tengah perlawanan keras Ukraina, pasukan Rusia telah meningkatkan pemboman mereka di Kiev dan kota-kota lain.

Pecahan peluru artileri yang menghantam gedung apartemen 12 lantai di pusat Kiev pada hari Rabu melenyapkan lantai atas dan menyulut api yang mengirimkan gumpalan asap ke daerah tersebut. Warga membawa harta benda dan hewan peliharaan dari gedung saat petugas pemadam kebakaran memadamkan api di tengah lautan puing-puing. Badan darurat Kiev mengatakan ada dua korban, tanpa mengatakan apakah mereka terluka atau terbunuh.

Pemimpin regional Kiev, Oleksiy Kuleba, mengatakan pasukan Rusia telah mengintensifkan pertempuran di pinggiran kota Kiev, terutama di sekitar kota Bucha di barat laut dan jalan raya menuju barat. Dia mengatakan 12 kota di sekitar Kiev dilaporkan tanpa air dan enam tanpa pemanas.

Di seluruh wilayah ibu kota, “taman kanak-kanak, museum, gereja, blok perumahan dan infrastruktur teknik menderita akibat penembakan yang tak ada habisnya,” kata Kuleba.

Dia mengatakan pasukan Rusia berusaha memutuskan hubungan transportasi ke ibu kota dan menghancurkan kemampuan logistik sambil merencanakan serangan luas untuk merebut ibu kota.

Pasukan Rusia berhasil menduduki kota Ivankiv, 80 kilometer utara Kiev, dan menguasai wilayah sekitarnya di perbatasan dengan Belarusia, kata Kuleba.

Selain serangan udara dan penembakan oleh pasukan darat, kapal angkatan laut Rusia menembak semalaman di sebuah kota di selatan Mariupol di Laut Azov dan satu lagi di dekat Odesa di Laut Hitam, menurut pejabat setempat.

Ukraina juga tampaknya berhasil, dengan foto-foto satelit dari Planet Labs PBC yang dianalisis oleh The Associated Press menunjukkan helikopter dan kendaraan terbakar di Bandara Internasional Kherson dan Pangkalan Udara yang dikuasai Rusia setelah dugaan serangan Ukraina pada hari Selasa.

Kantor Zelenskyy mengatakan pasukan Ukraina menggagalkan upaya Rusia untuk memasuki Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, yang dihantam oleh serangan hampir tanpa henti selama 24 jam terakhir. Sebuah ledakan kuat bergemuruh di seluruh kota semalam. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home