Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 20:59 WIB | Rabu, 29 April 2020

Gereja Afrika: Jangan Lupakan Ketahanan Pangan Ketika Atasi COVID-19

Anak-anak di Sudan Selatan berbagi makanan. (Foto: dok. WFP)

SATUHARAPAN.COM-Sekretaris Jenderal Organisasi Gereja-gereja di Afrika, Pdt. Nicta Lubaale, menekankan pentingnya mengatasi kelaparan di tengah upaya mengatasi pandemi virus corona baru.

PBB memperingatkan bahwa pandemi mendorong jutaan orang Afrika ke jurang kelaparan, suatu kuk yang memperbudak banyak orang di benua itu. Namun Lubaale melihat sesuatu yang mungkin untuk mengalahkan kelaparan.

Lubaale mengatakan kelaparan telah menjadi masalah besar dan ada kegagalan dalam memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam mencapai Zero Hunger. “Jumlah orang yang kelaparan di dunia akan meningkat lagi. Afrika, terutama Afrika sub-Sahara adalah negara yang paling lapar... karena lebih dari 20 persen penduduknya kekurangan gizi. Setiap krisis yang datang memperburuk kelaparan,” katanya.

Sebelumnya David Beasley, Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia (WFP) PBB mengatakan bahwa ketika berurusan dengan pandemi COVID-19, dunia juga berada di ambang pandemi kelaparan. "Jutaan warga sipil yang tinggal di negara-negara yang dilanda konflik, termasuk banyak perempuan dan anak-anak, dihadapkan ke ambang kelaparan, dengan momok kelaparan kemungkinan yang sangat nyata dan berbahaya," kata Beasley.

Ketahanan Pangan

Tetapi Lubaale mengatakan bahwa ada kemungkinan untuk membalikkan keadaan, jika para pemimpin berhenti menangani kelaparan sebagai rasa malu tentang orang miskin. “Sangat memalukan bagi kami para pemimpin. Kita juga harus menolak untuk hidup dengan skandal kemiskinan di tengah banyak hal,” katanya.

COVID-19 muncul ketika beberapa negara Afrika berusaha untuk secara komprehensif mengatasi tantangan terkait ketahanan pangan, termasuk perubahan iklim, serangan belalang gurun, dan cacing tentara.

Menurut Lubaale, Organisasi Gereja-gereja Afrika telah mendorong integrasi pertanian dalam intervensi melawan virus (COVID-19). Pada saat yang sama, ia takut bahwa dunia mengulangi kesalahan dalam tanggapan awal HIV /AIDS dalam menanggapi COVID-19.

“Kami mengabaikan aspek makanan hanya untuk kemudian menyadari bahwa sangat penting orang yang hidup dengan HIV / AIDS harus memiliki ketahanan pangan untuk hidup secara positif, dan untuk dapat mematuhi aturan perawatan,” katanya.

Bank Benih

“Kami ingin memastikan bahwa pertanian tidak dilupakan. Kami terus melibatkan gereja untuk memastikan itu adalah bagian dari tanggapan mereka (terhadap COVID-19)."

Dalam pendekatan berbasis jemaat, organisasi ini bekerja dengan para petani di gereja-gereja lokal untuk meningkatkan hasil pertanian, mengelola benih, dan meningkatkan investasi pertanian.

Bank benih masyarakat, yang memastikan akses tanpa gangguan ke benih di musim tanam bagi petani adalah projek utama organisasi. Agar tetap berkelanjutan, seorang petani mengembalikan sejumlah benih ke bank setelah setiap panen.

Organisasi ini juga mendidik para petani tentang hubungan antara pertanian dan gizi, mengelola kerugian pasca panen dan berpartisipasi secara efektif di pasar. "Para pendeta kami di lapangan menemani orang-orang di daerah pedesaan agar mereka tidak meninggalkan pertanian," kata Lubaale. (oikoumene.org)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home