Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 15:37 WIB | Rabu, 20 Maret 2024

Ghana: Perbaikan Kabel Bawah Laut Yang Rusak Perlu Setidaknya Lima Pekan

Kabel serat optik untuk penyedia internet. (Foto ilustrasi: dok.Reuters)

ACCRA, SATUHARAPAN.COM-Perbaikan kabel bawah laut yang rusak yang menyebabkan pemadaman internet di Afrika Barat dan Tengah diperkirakan memakan waktu setidaknya lima pekan sebelum selesai dan pemulihan layanan penuh, kata regulator komunikasi Ghana pada hari Sabtu (16/3).

Putusnya kabel-kabel tersebut telah menyebabkan gangguan luas terhadap bisnis-bisnis yang terkait dengan internet dan telekomunikasi, termasuk bank, operasional telepon seluler, agen pengiriman uang, dan pasar bursa.

Otoritas Komunikasi Nasional Ghana mengatakan pihaknya mengadakan pertemuan dengan empat penyedia layanan pendaratan kabel bawah laut – Pantai Afrika ke Eropa (ACE), MainOne, yang dimiliki oleh operator pusat data Equinix, South Atlantic 3 (SAT-3) dan Sistem Kabel Afrika Barat (WACS) -- dan operator jaringan seluler.

Dikatakan bahwa penyedia layanan telah menemukan perkiraan lokasi kerusakan dan telah melakukan persiapan untuk mengirimkan kapal perbaikan.

“Penyedia layanan pendaratan kabel telah mengindikasikan perkiraan jangka waktu minimal lima pekan untuk pemulihan layanan penuh sejak kapal dikirim ke berbagai lokasi,” kata regulator.

MainOne mengatakan pada hari Jumat bahwa analisis awal menunjukkan beberapa bentuk aktivitas seismik di dasar laut telah mengakibatkan putusnya kabelnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home