Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 09:42 WIB | Minggu, 10 Oktober 2021

Gorila Ndakasi, Yang Terkenal dalam Foto Selfie, Mati di Usia 14 Tahun

Ndakasi tampil dalam foto selfie oleh pengasuhnya. (Foto: instagram)

SATUHARAPAN.COM-Seekor gorila gunung yang menjadi terkenal karena foto selfie pada tahun 2019 telah mati pada usia 14 tahun, menurut media berita online CBS melaporkan pada hari Kamis (7/10).

“Dengan kesedihan yang mendalam, (Taman Nasional) Virunga mengumumkan kematian gorila gunung yatim piatu tercinta, Ndakasi, yang telah berada di bawah perawatan Senkwekwe Center Taman selama lebih dari satu dekade,” kata taman itu, menambahkan bahwa dia mati di atas lengan pengasuhnya Andre Bauma.

Taman Nasional Virunga, yang terletak di Republik Demokratik Kongo, mengatakan bahwa gorila itu mati bulan lalu setelah sakit berkepanjangan. "Saya mencintainya seperti anak kecil dan kepribadiannya yang ceria membawa senyum ke wajah saya setiap kali saya berinteraksi dengannya," kata Bauma.

"Dia akan dirindukan oleh kita semua di Virunga, tetapi kami selamanya bersyukur atas kekayaan yang dibawa Ndakasi ke dalam hidup kami selama dia berada di Senkwekwe," katanya, seraya menambahkan bahwa "adalah suatu kehormatan untuk mendukung dan merawat makhluk yang penuh kasih seperti itu.”

Ketika penjaga Virunga menemukan Ndakasi, dia baru berusia dua bulan. Dia ditemukan menempel di tubuh ibunya yang telah ditembak oleh milisi bersenjata beberapa jam sebelumnya, menurut taman itu.

Mereka kemudian membawanya masuk dan memindahkannya ke pusat penyelamatan di mana dia bertemu Bauma, yang memegangi bayi gorila itu di dadanya yang telanjang, membentuk ikatan yang tidak bisa dipatahkan.

Taman mengatakan bahwa sementara gorila itupulih, dia masih terlalu rentan untuk kembali ke alam liar. Dia kemudian dipindahkan ke Center Senkwekwe di mana dia hidup dengan damai selama lebih dari 11 tahun.

Ndakasi terkenal karena foto selfie pengasuhnya tahun 2019 di mana dia dan gorila lain berpose lucu di latar belakang.

Menurut taman, Ndakasi lahir pada saat populasi global gorila gunung "rapuh dan terancam punah." Sejak itu, spesies ini telah tumbuh sebesar 47 persen.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home