Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:28 WIB | Minggu, 18 Januari 2015

Gubernur Lampung: Penyaluran Gas Bumi akan Goda Investor

Ilustrasi sistem gas bumi. (Foto: energitoday.com)

BANDARLAMPUNG, SATUHARAPAN.COM – Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan penyaluran gas bumi bagi industri dapat menunjang serta menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya di provinsi itu.

"Saya mengapresiasi Perusahaan Gas Negara (PGN) yang telah menyalurkan gas bumi ke industri di Lampung," kata dia di Bandarlampung, Minggu (18/1).

Apalagi, menurutnya, setelah penyaluran ke pihak indsutri ke depan PGN juga segera mengimplementasikan ke masyarakat luas khususnya mengalirkan gas ke pembangkit tenaga listrik di Provinsi Lampung.

"Kami menyambut baik aliran gas PGN untuk Lampung karena akan meningkatkan daya saing industri," kata Ridho Ficardo.

Menurut dia, pengaliran gas bumi juga dapat menjadi obat atas krisis energi yang masih sering terjadi di daerah ini.

Aliran gas ini, kata Gubernur, juga akan meningkatkan daya tarik Lampung bagi investor yang akan berinvestasi di Lampung. "Hal ini akan menciptakan banyak lapangan kerja baru bagi warga Lampung," ujarnya.

Gubernur berharap pembangunan infrastruktur gas bumi oleh PGN ini semakin meningkat sehingga pemanfaatannya semakin besar.

"Pemenuhan kebutuhan energi gas bumi ini dapat mendukung pengembangan kawasan industri antara lain Kawasan Industri Lampung, Kawasan Industri Maritim di Tanggamus, dan kawasan industri lainnya," kata dia.

Di kawasan industri tersebut akan dikembangkan industri berbasis potensi lokal seperti industri pertanian, industri perikanan tangkap dan budi daya, industri keramik serta industri logam dan perkapalan.

Sebelumnya, Direktur Pengembangan PGN Joko Saputro mengatakan pihaknya siap untuk mendukung upaya pengembangan pembangunan di Provinsi Lampung.

"Sampai dengan Februari 2015 sudah ada 14 perusahaan yang melakukan Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) dengan PGN. Saya perkirakan sampai akhir tahun 2015 akan lebih banyak industri yang berminat karena PGN menyiapkan bahan bakar gas yang lebih murah," kata dia.

Dia menyebutkan, alokasi gas di Lampung bisa mencapai 100 juta kubik feet. "Saat PLN Sutami, PLN Sekampung Udik dan PLN Tarahan siap di tahun 2015 ini, diharapkan penyerapan bisa mencapai 30 juta kubik feet," ujarnya.

Selain itu, PGN juga akan mengembangkan gas rumah tangga, jika ada jaringan pipa gas pasti ada yang berminat dari industri, komersial, hotel dan juga rumah tangga. "PGN menargetkan bisa menyentuh 2-3 juta pelanggan rumah tangga se-Lampung dalam dua sampai tiga tahun ke depan," katanya. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home