Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 06:46 WIB | Selasa, 13 Oktober 2015

Gubernur Maluku Hadiahi 20 Peserta Pesparawi ke Yerusalem

Ilustrasi. Anak-anak Palestina bermain salju dekat Damascus Gate di Old City Yerusalem saat salju turun pada 20 Februari 2015. Warga Yerusalem menghadapi hujan salju dengan tinggi sekitar 25 sentimeter setelah badai salju besar kedua melanda Kota Suci tersebut. AFP PHOTO /MENAHEM KAHAN

AMBON, SATUHARAPAN.COM – Gubernur Maluku, Said Assagaff, menghadiahkan 20 peserta Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XI asal Provinsi ini ke Yerusalem pada 2016 sebagai ungkapan terima kasih meraih juara umum.

"Saya atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun masyarakat Maluku menghadiahkan perjalanan keimanan dan ketaqwaan kepada 20 anggota kontingen Pesparawi yang meraih juara umum Pesparawi Nasional XI ke Yerusalem," katanya, di Ambon, hari Senin (12/10).

Gubernur Said disaksikan Wagub, Zeth Sahuburua yang juga Ketua Umum Pesparawi Nasional XI itu menyampaikan hadiah tersebut saat menerima kontingen Pesparawi Maluku yang dikoordinir ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) setempat, Paulus Kastanya.

"Sekiranya ada anggaran, maka saya inginkan semua peserta Pesparawi diberangkatkan ke Yerusalem. Namun, karena keterbatasan anggaran sehingga dihadiahkan untuk 20 orang," ujarnya disambut tepuk tangan meriah.

Gubernur Said mengarahkan Karo Kesra Pemprov Maluku, Habiba Saimima untuk mengatur perjalanan iman ke Yerusalem, sebagaimana mengfasilitasi para tokoh agama, baik Islam, Kristen Protestan, Kristen Katholik, Buddha dan Hindu.

Sebanyak 70 tokoh agama Islam menunaikan umrah di Mekkah dan Madinah, Arab Saudi pada akhir Mei 2015 selama sembilan hari, sedangkan 42 tokoh agama Kristen Protestan, Katholik ke Yerusalem. Sedangkan tokoh Buddha dan Hindu masing-masing dua orang ke India.

"Awalnya yang Buddha diprogramkan ke Tibet. Namun, karena baru pertama kalinya diselenggarakan, maka para tokoh agama Hindu dan Buddha menyepakati ke India dengan harapan tahun depan baru ke Tibet," ujarnya.

Karena itu, Gubernur mengarahkan, Karo Kesra Pemprov Maluku disaksikan LPPD Maluku melakukan pengundian bagi 20 orang.

"Lakukan pengundian sehingga tidak ada kemungkinan manipulasi sehingga siapa yang beruntung langsung diketahui dan sejak dini mempersiapkan diri ke Jerusalem pada 2016 didanai Pemprov Maluku," tegas Gubernur.

Ketua LPPD Maluku, Paulus Kastanya mengapresiasi hadiah yang diberikan Gubernur Said untuk perjalanan iman ke Yerusalem.

"20 orang ke Yerusalem itu diundi Karo Kesra Pemprov Maluku bagi 203 peserta Pesparawi asal daerah ini yang berlaga di 12 mata lomba," katanya.

Maluku berhak atas piala bergilir Presiden setelah pada pengumuman pemenang oleh dewan juri saat penutupan Pesparawi Nasional XI di Ambon pada Sabtu (10/10) malam dengan meraih tiga dari 11 gelar Champion yang merupakan predikat tertinggi dalam kompetisi banding nyanyi lagu gerejawi tersebut.

Tiga gelar champion diraih tuan rumah Maluku dari kategori musik pop gerejawi (MPG), Solo anak 7 - 9 tahun dan paduan suara (PS) pria.

Maluku tercatat meraih 11 medali emas dan satu perak. Medali emas diperoleh dari kategori PS dewasa campuran, PS pria, PS wanita, PS remaja - pemuda, PS anak, vokal grup, solo remaja pemuda putra, solo remaja pemuda putri, solo Anak 7 - 9 tahun, musik pop gerejawi dan musik etnik, sedangkan satu perak dari kategori solo anak 10 - 13 tahun. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home