Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 17:55 WIB | Jumat, 30 Mei 2014

Gunung Sangiang Meletus

Gunung sangiang di Pulau Sangiang. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gunung Sangiang di pulau Sangiang, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) meletus Jumat (30/5/2014) pukul 15.55 WITA. Letusan apinya mencapai 3.000 meter dan mengalir ke arah timur ke daerah Flores.

“Api vulkanik menyembur ke atas 3.000 meter dan turun ke arah timur,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) M Hendrasto kepada detikcom.

Gunung Sangiang merupakan gunung berapi aktif bertipe strato yang termasuk dalam kawasan konservasi. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1986 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan di atas puncaknya. Hendrasto mengungkapkan lokasi Gunung Sangiang merupakan pulau gunung api. Warga biasanya menggunakan kawasan tersebut sebagai tempat berladang bukan sebagai tempat hunian.

Menurut Kepala Badan Geologi Surono selama ini Gunung Sangiang memang berstatus waspada. Tidak ada laporan korban jiwa akibat letusan gunung tersebut. Warga diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sana hingga kondisi dinyatakan aman.

“Sementara masyarakat diminta tidak berkebun dulu ke sana,” kata Hendrasto kepada merdeka.com. Menurutnya Gunung Sangiang ini sudah pernah meletus pada tahun 1987. “Terus dikosongkan dan tidak boleh dihuni lagi,” jelasnya. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home